Helm yang Tepat Dibawa Sendiri saat Naik Ojek Online

Kompas.com - 18/03/2020, 16:41 WIB
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di Kawasan Stasiun Sudirman, Jakarat Pusat, Rabu (11/3/2020). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menaikan tarif ojek online untuk zona 2 atau wilayah Jabodetabek pada 16 Maret 2020. Kemenhub memutuskan untuk menaikan tarif batas bawah (TBB) ojol sebesar Rp 250 per kilometer (km) menjadi Rp 2.250 per km, dari sebelumnya Rp 2.000 per km. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengemudi ojek online menunggu penumpang di Kawasan Stasiun Sudirman, Jakarat Pusat, Rabu (11/3/2020). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menaikan tarif ojek online untuk zona 2 atau wilayah Jabodetabek pada 16 Maret 2020. Kemenhub memutuskan untuk menaikan tarif batas bawah (TBB) ojol sebesar Rp 250 per kilometer (km) menjadi Rp 2.250 per km, dari sebelumnya Rp 2.000 per km.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mencegah penyebaran virus Corona, asosiasi ojek online sudah mengimbau kepada para konsumennya agar membawa helm sendiri. Meski sedikit merepotkan, namun tindakan ini lebih baik jika dilakukan.

Helm yang dipasarkan di Indonesia cukup beragam modelnya. Ada helm model half face, full face, modular, trail, retro, dan lainnya.

Baca juga: Naik Ojek Online Bawa Helm Sendiri. Ini Ragam Tas Khusus Helm

Ahmad M, anggota komunitas Belajar Helm, mengatakan, pada dasarnya, baik helm half face atau full face, dimensinya tidak jauh berbeda. Berbeda dengan helm sepeda yang dimensinya kecil.

Grab disebut tertarik pakai Honda PCX listrik untuk layanan ojek online.Foto: Grab/Instagram Grab disebut tertarik pakai Honda PCX listrik untuk layanan ojek online.

"Tapi, helm sepeda sangat tidak direkomendasikan untuk dipakai saat naik motor," ujar Ahmad, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Menurut analisa Technical Support KYT Helmet Tugimin, dari kebutuhan yang sekarang, demi keamanan kepala dan juga penyebaran virus Corona, sebaiknya menggunakan helm full face.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Asosiasi Ojol Minta Penumpang Bawa Helm Sendiri

"Secara dimensi memang besar, tapi demi keselamatan bersama. Bisa cari yang bobotnya cukup ringan," kata Tugimin.

Tugimin menambahkan, jika memang ingin pakai model half face, sebaiknya selalu menggunakan masker yang sesuai standar kesehatan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X