Cegah Corona, Tips Aman Naik Transportasi Umum

Kompas.com - 18/03/2020, 16:22 WIB
Pencari suaka mengantre untuk masuk ke dalam bus transjakarta kembali ke Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2019) malam. KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGIPencari suaka mengantre untuk masuk ke dalam bus transjakarta kembali ke Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2019) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kasus virus corona atau Covid-19 di Indonesia semakin bertambah, hal ini tentunya semakin mengkhawatirkan khususnya bagi penduduk Indonesia.

Beberapa negara luar seperti Jepang dan Amerika Serikat sudah menerapkan kebijakan melakukan sterilisasi kendaraan umum dengan cairan disinfektan untuk mencegah penularan penyakit.

Seperti bus, komunter, sampai kapal feri sudah dibersihkan setidaknya empat kali sehari menyusul wabah Covid-19.

Namun sepertinya hal tersebut belum berlaku di Indonesia, sehingga pengguna transportasi umum harus lebih berhati-hati untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Selain itu ada beberapa tindakan pencegahan bisa dilakukan oleh pengguna transportasi umum.

Baca juga: Jurus Menangkal Virus di Kabin Mobil

Sejumlah penumpang menaiki bus Transjakarta di Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Sejumlah penumpang menaiki bus Transjakarta di Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.

1. Gunakan masker

Sebaiknya menggunakan masker ketika menaiki transportasi publik, baik yang sedang sakit maupun yang sedang sehat.

Pasalnya, transportasi publik di Ibu Kota saat ini sering penuh dan sesak, sehingga kadang tidak memungkinkan untuk bergeser atau menjaga jarak ketika sedang ada yang batuk atau bersin.

2. Kurangi menyentuh dengan jari tangan

“Ketika sedang ditempat umum seperti sedang menaiki alat transportasi umum, sebaiknya mengelap telebih dahulu handle pintu atau sesuatu yang ingin kita sentuh dengan menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol,” ujar Dokter Umum Rumah Sakit Petamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, belum lama ini kepada Kompas.com

Baca juga: Cegah Virus Corona, Asosiasi Ojol Minta Penumpang Bawa Helm Sendiri

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X