Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Prius PHEV Jadi Armada Rental GoFleet

Kompas.com - 18/03/2020, 11:24 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi memperkenalkan Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) di Tanah Air pada Selasa (17/3/2020) dengan banderol Rp 884 juta on the road DKI Jakarta.

Menariknya, dalam upaya meningkatkan edukasi masyarakat tentang kendaraan listrik dan membentuk ekosistemnya, mobil ramah lingkungan tersebut tergabung dalam program sewa yang berada di bawah naungan Astra International dan Gojek, yakni GoFleet.

Dikatakan Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT TAM, terdapat lima unit Prius PHEV yang berada di jaringan GoFleet. Saat ini mobil belum dijual secara retail atau individu.

Baca juga: Tantangan Jakarta-Yogyakarta PP Pakai Toyota Prius PHEV, Hanya Sekali Isi BBM

Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)KOMPAS.com Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)

"Ada lima unit (Prius PHEV) yang dibeli untuk GoFleet. Fokus utama kita adalah edukasi dan mempopulerkan electrification termasuk PHEV," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Adapun rencana jangka menengah dan jauh untuk Prius PHEV sendiri, Anton belum ingin mengatakannya. Namun perkembangan penggunaan kendaraan listrik di perusahaan gabungan tersebut akan terus dipantau dan evaluasi oleh pihak Toyota Indonesia.

Untuk diketahui, sebelum Prius PHEV Toyota sudah lebih dulu memperkenalkan kendaraan rendah emisi di Indonesia yaitu C-HR Hybrid, Camry Hybrid, Alphard Hybrid, serta Corolla Altis Hybrid. Mobil sudah bisa dipesan secara retail lewat jaringan diler TAM.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik Hyundai Ioniq yang Jadi GrabCar

Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)KOMPAS.com Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)

Prius PHEV sendiri merupakan kendaraan rendah emisi yang didatangkan secara utuh (CBU) dari Jepang bermesin 2ZR-FXE, 1.800 cc dengan semburan tenaga 96,6 hp dan 142 Nm. Sedangkan baterainya memakai Lithium-Ion yang terdiri dari 95 sel.

Satu sel memiliki 3,7 V, sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315,5 V. Baterai total berkapasitas 8,8 kW yang bila terisi penuh bisa dipakai buat berkendara mode murni listrik sejauh 68,2 km.

Baterai bisa terisi secara penuh dengan durasi waktu sekitar 2 jam 30 menit memakai tegangan 220 V/16 A.

Mobil juga memiliki berbagai fitur terkini seperti Toyota Safety Sense (TSS), Blind Spot Monitor (BSM), Hill-Start Assist Control (HSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Tire Pressure Warning System, serta Vehicle Stability Control (VSC).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com