Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Malas Bersihkan Helm Sendiri

Kompas.com - 10/03/2020, 19:45 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkesan sepele namun helm juga butuh perawatan yakni dengan cara dibersihkan. Apalagi jika helm tersebut digunakan untuk berkendara sehari hari.

Ahmad dari komunitas Belajar Helm menyarankan, helm sebaiknya dibersihkan seminggu sekali. Misalkan helm dipakai harian dari Senin - Jumat, maka pada akhir pekan dibersihkan.

Baca juga: Ganti Helm Jika Sudah Mengeluarkan Tanda Seperti Ini

"Baik helm fullface atau open face cuci sampai bersih di bagian ventilasi sebab bagian itu rentan debu, sehingga kuman banyak yang menempal di bagian ventilasi dan inner (bagian dalam helm)," katanya kepada Kompas belum lama ini.

Ahmad mengatakan, untuk mencuci bagian dalam helm caranya dengan melepas inner kemudian direndam sebentar menggunakan deterjen. Biarkan kotoran larut sendiri, tapi jika merasa perlu bisa ''dikucek'' pakai tangan.

"Cukup direndam dengan air dan deterjen, kemudian kucek dan bilas. Kuceknya pakai tangan saja jangan pakai sikat karena bisa membuat rusak bagian dalamnya," katanya.

Baca juga: Ketahui, Ini Perbedaan Helm buat Balap Mobil dan Motor

Untuk bagian visor atau erap disebut kaca helm, Ahmad menyarankan menggunakan cairan khusus yang memang direkomendasikan membersihkan visor.

"Soalnya pasti dibuat untuk tujuan tertentu, menghilangkan noda dan minyak. Tapi kalau tidk pakai air hangat, kemudian dilap pakai kain lembut atau microfiber," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com