Tips Aman Naik Motor buat Wanita Berhijab, Jangan Sampai Nyangkut di Gir

Kompas.com - 13/03/2020, 18:40 WIB
Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan. dok.KompasianaOrang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang terjadi di jalan raya akibat hijab yang terbelit ke rantai motor sering kali terjadi. Tidak hanya berbahaya bagi pengendara itu sendiri, tetapi hal ini juga berbahaya bagi pengendara lain yang berada di sekitarnya.

Terkait kejadian ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan wanita berhijab ketika mengendarai motor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, memberikan tips yang tepat bagi wanita berhijab.

Kebanyakan kasus kecelakaan yang terjadi disebabkan karena hijab atau pakaian yang tersangkut gear rantai dan menggulung, oleh sebab itu Agus menyarankan wanita sebaiknya menggunakan motor matik.

Baca juga: Tekan Risiko Kecelakaan di Jalan Raya

“Dalam memilih kendaraan yang aman dan nyaman, sebaiknya wanita menggunakan motro matik. Karena biasanya wanita menggunakan baju model gamis, sehingga bagian bawah bajunya akan lebih aman jika menggunakan motor matik,” ujar Agus ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (13/03/2020).

Dua perempuan yang mengenakan celana jins ketat dan duduk mengangkang mengendarai sepeda motor di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Minggu (23/6/2013), meskipun ada larangan mengenakan celana jins ketat dan duduk mengangkang bagi kaum perempuan yang dibonceng sepeda motor.KOMPAS.COM/DESI SAFNITA SAIFANA Dua perempuan yang mengenakan celana jins ketat dan duduk mengangkang mengendarai sepeda motor di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Minggu (23/6/2013), meskipun ada larangan mengenakan celana jins ketat dan duduk mengangkang bagi kaum perempuan yang dibonceng sepeda motor.

Kalaupun tetap ingin mengendarai motor bebek tidak masalah, namun harus dipastikan gear dan rantai memiliki pelindung atau cover untuk meminimalisir agar bahan hijab atau baju tersebut tersangkut.

Baca juga: Tips Memilih Helm untuk Lady Biker [VIDEO]

Selain itu pastikan ketika berkendara, hijab atau pakaian tidak menjuntai. Karena jika menjuntai bisa menutupi lampu sein motor sehingga pengendara lain tidak bisa melihat pergerakan kendaraan, hal ini tentunya akan berbahaya. Bisa diakali dengan mendudukinya atau sedikit melipat dan mengaitkan ke bagian lainnya.

“Ketika berkendara jangan lupa menggunakan ridding gear yang lengkap dan aman. Pilihlah helm yang tidak terlalu pas di kepala, biasanya mereka akan terganggu karena rambutnya yang diikat. Oleh sebab itu demi kenyamanan disarankan untuk menggunakan helm yang sedikit longgar,” kata Agus.

Selanjutnya, sering-seringlah melirik spion, untuk memperhatikan kondisi sekitar. Sebaiknya juga berkendara dalam kecepatan rendah, hal ini untuk menghindari risiko buruk akibat hijab yang menjuntai.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X