Cara Agar Mobil Lawas Nyaman dan Aman Dipakai Harian

Kompas.com - 13/03/2020, 12:14 WIB
Mobil tua di Havana, Kuba rprtphoto.wordpress.comMobil tua di Havana, Kuba
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Memilih kendaraan untuk daily driver atau dipakai harian ada banyak pilihannya. Tak terkecuali mobil- mobil lawas, yang belakangan tengah ramai kembali dan dipakai orang untuk pergi ke kantor ataupun kuliah.

Padahal dengan teknologi yang sudah tertinggal, tak semua orang bisa nyaman pakai mobil lawas. Singkatnya, butuh beberapa cara agar kendaraan ini bisa nyaman dan aman dipakai harian.

Iman Kusumo, pemilik bengkel Gearhead Monkey Garage (GMG) di Pondok Pinang, Jakarta Selatan, mengatakan, ada beberapa alasan orang mengendarai mobil lawas buat harian.

Baca juga: Belum Satu Bulan, Penjualan SUV Murah Suzuki XL7 Tembus Target

Ruang kemudi Ford Mustang lansiran 1967 milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir di Bogor, Minggu (21/1/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Ruang kemudi Ford Mustang lansiran 1967 milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir di Bogor, Minggu (21/1/2018).

“Secara umum mobil lawas dipakai buat harian karena bisa tetap gaya. Jadi orang bisa melihat lebih personal, mobilnya apa, yang punya siapa, basicnya cocok buat yang ingin tampil beda,” ujarnya kepada Kompas.com (12/3/2020).

“Dan restorasi menunjukkan bahwa orang ini punya selera. Tapi pada dasarnya kalau menurut saya karena pajaknya yang lebih murah dibandingkan mobil sekarang,” kata Iman.

Oleh karena itu, pengguna mobil lawas untuk harian harus tetap memperhatikan kenyamanan dalam berkendara.

Baca juga: Pesona Yamaha RX 125 Twin yang Layak Dikoleksi

Ilustrasi Mobil Tua (Charlie Cars via The Independent)
Ilustrasi Mobil Tua (Charlie Cars via The Independent)

Salah satunya dengan memasang AC dan power steering, terutama bagi mobil yang belum dilengkapi fitur tersebut.

Selain itu, pengemudi juga harus rajin mengecek kendaraannya. Paling penting sebelum berangkat cek dulu air radiator, oli, BBM, serta memanaskan mesin mobil.

“Masalah klasik pada mobil lawas biasanya temperatur naik, atau bau bensin dan knalpot yang masuk ke interior. Selain itu, kalau hujan biasanya atap pasti ada rembes,” ucapnya.

“Hal ini terjadi karena bagian bodi atau karet-karet sudah mulai keropos atau minta diganti. Agar bisa nyaman dipakai harian, mobil lawas memang harus didandani dulu,” ujar Iman.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X