Penumpang Jangan Langsung Tidur Saat Naik Kendaraan Umum

Kompas.com - 12/03/2020, 10:42 WIB
Dok. TransJakarta KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYADok. TransJakarta

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan memang tidak bisa diprediksi. Korban yang bisa terkena dampak dari kecelakaan, tidak hanya pengemudinya saja, tetapi termasuk juga para penumpangnya.

Sejatinya, penumpang kendaraan umum harus mengantisipasi dan mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi kecelakaan.

Sony Susmana, Instruktur Safety Driving dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, penumpang kendaraan umum ataupun ketika disopiri, juga harus ikut wasapada, memperhatikan kondisi di sekitar kendaraan.

“Kalau naik kendaraan umum, penumpang bisa memperhatikan posisi pintu darurat, alat pemadam kebakaran, ataupun alat pemecah kaca. Hal ini untuk mengurangi rasa panik ketika terjadi kecelakaan terjadi,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (11/3/2020).

Baca juga: Harga All New Nmax Naik, Ini Alasan Yamaha

interior metrotransKompas.com/Fathan Radityasani interior metrotrans

Lalu kalau naik kendaraan umum, usahakan untuk tidak tidur. Beri waktu sejenak untuk memerhatikan bagaimana sopir membawa kendaraannya, jika dirasa kurang enak, penumpang bisa lebih siap ketika terjadi kecelakaan.

“Awal naik, tunggu lima sampai 10 menit dan perhatikan sopirnya. Perhatikan cara bawa kendaraannya, mengantuk atau tidak sopirnya. Jika dirasa aman, bisa lebih tenang dan beristirahat,” kata Sony.

Cara tersebut berlaku ketika naik kendaraan umum ataupun disopiri seperti naik taksi online. Penumpang juga harus waspada terhadap lalu lintas yang ada dan siap ketika terjadi kecelakaan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X