Begini Spek Teknis dan Fitur Unggulan Taksi Listrik Hyundai Ioniq

Kompas.com - 11/03/2020, 06:50 WIB
PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan Grab Indonesia meluncurkan 20 mobil listrik Hyundai Ioniq di Indonesia, Jakarta, Jumat (13/12/2019) PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan Grab Indonesia meluncurkan 20 mobil listrik Hyundai Ioniq di Indonesia, Jakarta, Jumat (13/12/2019)
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Total sekitar 20 unit taksi listrik GrabCar Hyundai Ioniq yang beroperasi di kawasan Jabodetabek. Armada taksi listrik ini dapat ditemui konsumen di Terminal 3 dan 2 Bandara Soetta.

Hyundai Ioniq yang diperkenalkan secara global pada 2016 ini telah resmi menjadi taksi listrik GrabCar Electric sejak Januari 2020 lalu.

“Berdasarkan spesifikasinya, mobil ini cocok digunakan di kawasan Jabodetabek,” kata Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, pada waktu peluncuran.

Baca juga: Ke Mana Air dari Toilet Bus Dibuang, Apakah Langsung ke Jalan?

Ani Rahayu, Mitra Grab menjelaskan fungsi layar dan tombol yang ada di Hyundai IONIQ EVKaina Harini Ani Rahayu, Mitra Grab menjelaskan fungsi layar dan tombol yang ada di Hyundai IONIQ EV

Dilansir dari laman Hyundai Global, Ioniq terbilang kompak sebagai taksi yang dipakai di perkotaan. Mobil ini memiliki ukuran (PxLxT) 4.470 x 1.820 x 1.475 mm, dengan wheelbase 2.700 mm.

Urusan dapur pacu, Ioniq mengusung motor listrik bertenaga 136 ps/100 kW dengan torsi maksimal 285 Nm. Daya motor listrik itu bersumber dari baterai lithium-ion polymer berkapasitas 38,3 kW.

“Ini membuat mobil bisa menempuh jarak 373 kilometer dalam (baterai) kondisi penuh,” ujar Ridzki.

Baca juga: Resmi, Tarif Ojek Online di Jabodetabek Naik

Hyundai memperkenalkan produk terbarunya, yakni Hyundai IONIQ Electric untuk mendukung kendaraan yang ramah lingkungan di Indonesia.Dok. Hyundai Motor Company Hyundai memperkenalkan produk terbarunya, yakni Hyundai IONIQ Electric untuk mendukung kendaraan yang ramah lingkungan di Indonesia.

Ioniq memiliki fitur fast charging (100 kW) yang dapat mengisi daya hingga 80 persen hanya dalam 54 menit. Sementara pada tipe normal (50 kW), baterai bisa terisi sampai 80 persen dalam waktu 57 menit.

Sedangkan saat mengisi ulang baterai di rumah dengan daya 240 volt, dari kosong hingga 80 persen butuh waktu 6 jam 5 menit.

Sebagai mobil taksi, Ioniq juga unggul dalam soal keamanan. Sekitar tujuh airbag tersemat pada bagian pengemudi, penumpang baris depan, bagian samping dan jendela, depan perut, hingga lutut.

Baca juga: Sering Gonta-ganti Oli Mesin Sepeda Motor Berisiko Tinggi!

Hyundai menggandeng Grab untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Sebanyak 20 Hyundai IONIQ Electric akan beroperasi mulai awal 2020 di wilayah layanan Grab di Jabodetabek.Dok. Hyundai Motor Company Hyundai menggandeng Grab untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Sebanyak 20 Hyundai IONIQ Electric akan beroperasi mulai awal 2020 di wilayah layanan Grab di Jabodetabek.

Ioniq juga memiliki fitur Tire Pressure Monitoring System yang memudahkan pengemudi untuk mengetahui kondisi tekanan udara terkini.

Jika ingin parkir, pengemudi Ioniq juga makin dimudahkan berkat fitur Parking Distance Warning atau yang disingkat PDW.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X