Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Gandeng Grab Kembangkan Mobil Listrik

Kompas.com - 06/11/2019, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai akan berkerja sama dengan Grab untuk memproduksi dan memperkenalkan mobil listrik di Indonesia. Hal ini dilakukan sejalan dengan program pemerintah untuk mempercepat era kendaraan listrik.

Berbincang bersama Kompas.com, Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Hendrik Wiradjaja, mengatakan, saat ini Hyundai Indonesia memang sedang menjalin kerja sama dengan Grab terkait mobil listrik.

"Namun saya belum bisa memberi informasi detail dan teknisnya, saat ini masih dalam proses. Tapi benar, kami sedang membahas tentang mobil listrik," ujarnya, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Baca juga: Grab Akui Bahas Mobil Listrik dengan Luhut

"Mudah-mudahan tidak terlalu lama lagi selesai dan kita bisa segera announce," kata Hendrik.

Ilustrasi mobil listrik Thailand.Bangkokpost.com Ilustrasi mobil listrik Thailand.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Hyundai dan Grab berencana untuk masuk ke dalam proyek kendaraan listrik. Keduanya disebut akan masuk dari sisi produksi.

Wacana ini merupakan pengembangan dari hasil pertemuan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dengan CEO Grab Anthony Tan, yang membicarakan tentang kendaraan listrik beberapa waktu lalu.

"Ya, kemarin saya juga berdiskusi kepada mereka (Grab dan Hyundai). Ke depan ini, mobil listrik adalah suatu keniscayaan," ujar Budi, belum lama ini.

Di samping itu, pemerintah juga mengupayakan pengadaan sepeda motor listrik untuk kendaraan umum. Untuk ini, diharapkan perusahaan Gojek bisa juga andil di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com