Cara Sederhana Cegah Biosolar Mengendap

Kompas.com - 10/03/2020, 10:02 WIB
UD Trucks Kuzer untuk pasar truk ringan tanah air Kompas.com/Setyo AdiUD Trucks Kuzer untuk pasar truk ringan tanah air

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kekhawatiran kandungan minyak sawit, solar nabati, alias biosolar, yakni B30 ke atas membuat bahan bakar ini mudah mengendap di tangki. Kondisi itu akan merugikan karena membuat filter berkerja keras dan mesin sulit hidup.

Managemen Produk UD Astra Motor Indonesia, Catur Yudi, mengatakan, sebetulnya tidak perlu khawatir B30 akan mengendap di tangki. Cukup jalankan kendaraan seperti biasa untuk menghindari pengendapan.

Baca juga: Kenapa Kaca Spion Truk Beda Antara Sebelah Kiri dan Kanan?

"Kalau bisa setiap mobil, bus atau truk kondisinya itu running terus, artinya setiap hari jalan supaya solar terpakai, kalau terpakai tidak ada lagi tersisa dan digantikan terus dengan yang baru," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi biodiesel B30esdm.go.id Ilustrasi biodiesel B30

Adapun kalau truk jarang dipakai, lanjut Yudi, maka minimal dua atau tiga hari sekali hidupkan mesin dengan rentang lima sampai 10 menit. Supaya solar yang ada di tangki memanas dan tidak mengendap atau beku.

Baca juga: Mengenal Istilah Truk ODOL, Over Dimension Over Loading

Selain itu, katanya, dari segi pengisian bahan bakar. Hal ini biasanya terjadi pada perusahaan yang membeli solar industri untuk banyak truk. Perhatikan cara pengisian, tidak boleh terkena sinar matahari langsung dan air hujan.

"Air atau panas itu dia akan timbul mikroba. Kalau harus mengisi di SPBU misalkan, bisa cari SPBU yang ramai, yang artinya habis tidak banyak yang menyendap. Sebab kalau tidak tersikulasi dengan baik efeknya malah kurang bagus," katanya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X