Bus Karoseri Tentrem dengan Kepala Jenong

Kompas.com - 07/03/2020, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen karoseri Tentrem asal Malang, Jawa Timur menampilkan rekayasa desain bodi bus yang cukup menarik perhatian pengunjung pada ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020.

Wujud kaca depan atau winshield bus karoseri ini terlihat jenong, berbeda dengan kendaraan sejenis lain yang biasa dijumpai di pasar. 

Kaca depan bagian bawah agak condong ke depan dan bagian atasnya menjadi lebih lebar.

Dimas Raditya, Marketing Staff dari Karoseri PT Tentrem Sejahtera, mengatakan, ada keunggulan dari bentuk eksterior yang unik tersebut.

Baca juga: Ini Efek Pemberantasan Truk ODOL buat Mitsubishi

interior bus karoseri tentremKompas.com/Fathan Radityasani interior bus karoseri tentrem

“Nama modelnya Avante H8, memiliki model yang unik seperti ini memiliki dua alasan. Pertama untuk aerodinamika, dengan kaca atas yang lebih landai, buangan angin menjadi lebih cepat. Kedua untuk pandangan ke depan, lebih luas dibandingkan model lain,” ucap Dimas kepada Kompas.com saat pameran GIICOMVEC, (6/3/2020).

Selain pada bagian depan yang unik, eksterior bus ini memiliki bagasi dengan tinggi 1,1 meter. Berdasarkan tingginya bagasi, motor akan mudah masuk pada dalam bagasi, bahkan jika disusun dengan baik, bisa muat 7 unit sepeda motor.

 Baca juga: Jadwal Baru MotoGP 2020, Mundur sampai Bulan Depan

Perbedaan lain yang dimiliki oleh bus buatan Tentrem ini ada pada bagian interior. Bagian interior yang menggunakan plastik ABS, dicat dengan warna hitam, biasanya kalau yang lain lebih memilih warna terang.

“Untuk model Avante H8 ini biaya pembuatan bodinya saja dihargai Rp 485 juta, sebelum sistem pendingin, kursi dan penyambungan sasis. Untuk yang dipajang sekarang dengan 34 kursi, ada meja di tengah, dan toliet, kira-kira harganya sekitar Rp 700 jutaan, belum termasuk sasis,” kata Dimas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.