Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Karoseri Tentrem dengan Kepala Jenong

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen karoseri Tentrem asal Malang, Jawa Timur menampilkan rekayasa desain bodi bus yang cukup menarik perhatian pengunjung pada ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020.

Wujud kaca depan atau winshield bus karoseri ini terlihat jenong, berbeda dengan kendaraan sejenis lain yang biasa dijumpai di pasar. 

Kaca depan bagian bawah agak condong ke depan dan bagian atasnya menjadi lebih lebar.

Dimas Raditya, Marketing Staff dari Karoseri PT Tentrem Sejahtera, mengatakan, ada keunggulan dari bentuk eksterior yang unik tersebut.

“Nama modelnya Avante H8, memiliki model yang unik seperti ini memiliki dua alasan. Pertama untuk aerodinamika, dengan kaca atas yang lebih landai, buangan angin menjadi lebih cepat. Kedua untuk pandangan ke depan, lebih luas dibandingkan model lain,” ucap Dimas kepada Kompas.com saat pameran GIICOMVEC, (6/3/2020).

Selain pada bagian depan yang unik, eksterior bus ini memiliki bagasi dengan tinggi 1,1 meter. Berdasarkan tingginya bagasi, motor akan mudah masuk pada dalam bagasi, bahkan jika disusun dengan baik, bisa muat 7 unit sepeda motor.

Perbedaan lain yang dimiliki oleh bus buatan Tentrem ini ada pada bagian interior. Bagian interior yang menggunakan plastik ABS, dicat dengan warna hitam, biasanya kalau yang lain lebih memilih warna terang.

“Untuk model Avante H8 ini biaya pembuatan bodinya saja dihargai Rp 485 juta, sebelum sistem pendingin, kursi dan penyambungan sasis. Untuk yang dipajang sekarang dengan 34 kursi, ada meja di tengah, dan toliet, kira-kira harganya sekitar Rp 700 jutaan, belum termasuk sasis,” kata Dimas.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/07/090200015/bus-karoseri-tentrem-dengan-kepala-jenong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke