Dimulai dari Jabodetabek, Ini Wilayah Pemberantasan ODOL

Kompas.com - 06/03/2020, 13:21 WIB
Razia ODOL di Jagorawi Razia ODOL di Jagorawi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) bakal melakukan pemberantasan kendaraan over dimension over load ( ODOL) dini dalam waktu dekat di beberapa wilayah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, menyatakan bahwa pada tahap, penertiban kendaraan yang tercantum dalam program Zero ODOL ini akan dilaksanakan di Jabodetabek.

"Sasaran kami di Jabodetabek adalah kendaraan dump truck," katanya di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Menurutnya, dump truck di Jabodetabek adalah kendaraan berat yang paling sering melanggar ODOL, khususnya terkait muatan. Adapun tinggi kendaraan tersebut rata-rata menjadi 1,7 meter sampai 2 meter. Padahal aturannya adalah 1 meter.

Baca juga: Kemenhub Mulai Bersihkan Pelabuhan Penyeberangan dari Truk ODOL

Razia ODOL di Jagorawi Razia ODOL di Jagorawi

"Kami sudah menyiapkan blue print, blue action, dari program tersebut. Ini juga sudah bersepakat dengan pihak Korlantas Polri," kata Budi.

Baca juga: Langka, Yamaha Scorpio Tangki Kotak Jadi Incaran Pembeli

Setelah itu, lanjut Budi, Kemenhub bakal mentertibkan kendaraan ODOL di ruas tol Tanjung Priok, Cikampek, hingga Bandung. Dalam hal ini, Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) dan operator tol terkait akan ikut turun tangan.

"Kami sudah rapat dengan BPTJ dan operator tol (Jasa Marga), pekan depan akan dimulai pelarangan truk ODOL di sana (Tanjung Priok-Cikampek-Bandung)," katanya.

"Kemudian bulan ini (Maret 2020) kami sudah melakukan sosialisasi untuk kendaraan ODOL tidak bisa menyebrang. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa segera dilakukan (pemberantasan ODOL)," ujar dia.

Adapun wilayah yang dimaksud ialah pelabuhan dengan rute penyebrangan yang Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X