Toyota Hiace Mau Jadi Angkot Baru di Jakarta

Kompas.com - 06/03/2020, 08:02 WIB
Toyota Astra Motor di pameran GIICOMVEC 2020 KOMPAS.com/RulyToyota Astra Motor di pameran GIICOMVEC 2020

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Hiace commuter terkenal akan kabinnya yang luas untuk membawa banyak orang. Pada acara Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, PT Toyota Astra Motor ( TAM) memamerkan konsep Hiace yang sudah dimodifikasi jadi angkutan perkotaan ( angkot) masa depan di Jakarta.

Salah satunya yaitu Hiace dengan konsep transportasi umum dengan konfigurasi tempat duduk yang saling berhadapan yang punya daya angkut alias kapasitas 16 orang, termasuk supir. Konsep tersebut dinamai Hiace Public Transport Concept.

Aria Hilasana, Vehicle Conversion Development Chief Leader PT Sugity Creatives, mengatakan, tujuan dari konsep tersebut yaitu untuk menunjukkan kalau MPV besar bisa digunakan untuk bermacam kebutuhan, salah satunya angkot.

Baca juga: MG Resmi Masuk Indonesia, Langsung Bawa SUV

Mikrolet M32 yang melayabi rute Duren sawit tidak tahu dengan program Ok-Otrip, 29/11/2017stanly Mikrolet M32 yang melayabi rute Duren sawit tidak tahu dengan program Ok-Otrip, 29/11/2017

“Menjadi pilihan transportasi yang lebih nyaman dan luas dibanding angkutan perkotaan (angkot),” ucap Aria sebagai pencipta konsep transportasi umum berbasis Hiace, saat ditemui Kompas.com di pameran kendaraan niaga, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Tujuan awalnya yaitu mempromosikan Hiace untuk menjadi kendaraan komersial, bisa dijadikan apa saja. Harapannya dari pengunjung, pemerintah, atau operator transportasi umum tertarik untuk merealisasikannya.

“Hiace sebagai kendaraan komersial bisa dijadikan transportasi umum ataupun dibuat kendaraan yang nyaman dengan kabin yang mewah, kalau Hiace bisa dibuat menjadi kendaraan umum,” kata Aria.

Baca juga: Menu MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta Beserta Fitur Keamanannya

Untuk saat ini, pihak Toyota menyatakan belum punya kesepakatan untuk pembuatan kendaraan transportasi umum yang berbasis Hiace. Namun, tidak menutup informasi jika sudah ada beberapa pihak yang tertarik pada konsep kendaraan ini, salah satunya dari TransJakarta.

“Karena masih konsep, jadi bisa disesuaikan lagi nanti spesifikasinya (sesuai regulasi berlaku). Yang dipamerkan sekarang hanya konsep awalnya saja,” ujar Aria.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X