Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Hiace Mau Jadi Angkot Baru di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Hiace commuter terkenal akan kabinnya yang luas untuk membawa banyak orang. Pada acara Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) memamerkan konsep Hiace yang sudah dimodifikasi jadi angkutan perkotaan (angkot) masa depan di Jakarta.

Salah satunya yaitu Hiace dengan konsep transportasi umum dengan konfigurasi tempat duduk yang saling berhadapan yang punya daya angkut alias kapasitas 16 orang, termasuk supir. Konsep tersebut dinamai Hiace Public Transport Concept.

Aria Hilasana, Vehicle Conversion Development Chief Leader PT Sugity Creatives, mengatakan, tujuan dari konsep tersebut yaitu untuk menunjukkan kalau MPV besar bisa digunakan untuk bermacam kebutuhan, salah satunya angkot.

“Menjadi pilihan transportasi yang lebih nyaman dan luas dibanding angkutan perkotaan (angkot),” ucap Aria sebagai pencipta konsep transportasi umum berbasis Hiace, saat ditemui Kompas.com di pameran kendaraan niaga, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Tujuan awalnya yaitu mempromosikan Hiace untuk menjadi kendaraan komersial, bisa dijadikan apa saja. Harapannya dari pengunjung, pemerintah, atau operator transportasi umum tertarik untuk merealisasikannya.

“Hiace sebagai kendaraan komersial bisa dijadikan transportasi umum ataupun dibuat kendaraan yang nyaman dengan kabin yang mewah, kalau Hiace bisa dibuat menjadi kendaraan umum,” kata Aria.

Untuk saat ini, pihak Toyota menyatakan belum punya kesepakatan untuk pembuatan kendaraan transportasi umum yang berbasis Hiace. Namun, tidak menutup informasi jika sudah ada beberapa pihak yang tertarik pada konsep kendaraan ini, salah satunya dari TransJakarta.

“Karena masih konsep, jadi bisa disesuaikan lagi nanti spesifikasinya (sesuai regulasi berlaku). Yang dipamerkan sekarang hanya konsep awalnya saja,” ujar Aria.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/06/080200715/toyota-hiace-mau-jadi-angkot-baru-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke