Toyota Perkenalkan Angkot Masa Depan dengan Pintu Geser Otomatis

Kompas.com - 06/03/2020, 07:32 WIB
Toyota Astra Motor di pameran GIICOMVEC 2020 KOMPAS.com/FathanToyota Astra Motor di pameran GIICOMVEC 2020

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan konsep kendaraan transportasi umum menggunakan basis Hiace di GIICOMVEC 2020. Kamis (5/3/2020). Kendaraan niaga ini, terlihat seperti siap dijadikan transportasi angkutan perkotaan bagi warga Ibu Kota dan sekitarnya.

Angkot masa depan dari Toyota ini dijumpai Kompas.com di Hall A. Sekilas, dari tampilan eksterior memang tidak ada bedanya dengan Hiace umum yang sudah beredar di jalan. Biasanya, Toyota Hiace banyak digunakan perusahaan travel atau angkutan sewa.

Tapi, ada tambahan stiker pada bodi dan lampu LED running text di atap pilar A, tepat di atas pengemudi. 

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Yamaha RX-King Terjual Rp 150 Juta | Rush Raja SUV Murah

interior toyota hiace public transport conceptKompas.com/Fathan Radityasani interior toyota hiace public transport concept

Aria Hilasana, Vehicle Conversion Development Chief Leader PT Sugity Creatives, pembuat Toyota Hiace Public Transport Concept, mengatakan, ubahan yang dilakukan pada konsep ini  lebih fokus pada bagian interior.

“Ubahan ada pada bentuk kursi yang dibuat saling berhadapan, seperti di angkutan perkotaan. Selain itu, ada penggantian lantai dan langit-langit menggunakan material yang lebih mudah dibersihkan, plus ada LED monitor,” kata Aria saat ditemui Kompas.com di pameran.

Baca juga: Memotong Lajur Rombongan Touring, Bagaimana Hukumnya?

Selain pada bagian interior, ada penambahan fitur pintu geser yang bisa buka dan tutup otomatis, seperti taksi yang beroperasi di Jepang. Ternyata, modifikasi ini dilakukan memang menggunakan modul pintu geser yang diimpor langsung dari negeri sakura.

“Fitur ini (pintu geser otomatis) kan bukan standar Hiace yang dijual di sini. Kita datangkan langsung dari Jepang alatnya. Biaya modifikasi yang dikeluarkan yaitu kira-kira Rp 130 jutaan, belum detail karena masih konsep,” ucap Aria.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X