Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota HiAce Cocok Jadi Angkot Berfasilitas AC

Kompas.com - 15/08/2019, 12:28 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendorong masyarakat pindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta ingin menyediakan transportasi umum yang nyaman dan aman.

Salah satunya yakni menyediakan moda sejenis ''mikrolet.'' Moda transportasi ini akan dijalankan oleh TransJakarta. Melihat kesempatan ini, Auto2000, sebagai diler Toyota, menawarkan Toyota HiAce.

Baca juga: Dukung Ganjil Genap, Toyota HiAce Bakal Disulap Jadi Angkot

Biyouzmal, Operation Manager Auto2000 Wilayah DKI 1, mengatakan, saat ini hal tersebut masih tahap pembicaraan. Sebab Dishub memanggil beberapa merek mobil mana yang cocok dijadikan moda ini.

"Karena ganjil genap diperluas, Dishub harus menyediakan alat transportasi yang lebih baik karena yang sekarang kan kurang layak, mereka ingin menganti yang ada. Tapi karena ini proses karena kami hanya menawarkan yang ada (HiAce), terlepas nanti kebijakannya siapa yang dipilih itu urusan TransJakarta," kata Biyouzmal, kepada Kompas.com, Kamis (15/8/2019).

Baca juga: Promo Merdeka, Innova Diskon Puluhan Juta Rupiah

Biyouzmal mengatakan, sebagai diler Toyota pihaknya mengatakan siap jika HiAce bisa dijadikan moda transportasi umum. Sebab produk ini punya beberapa keunggulan yang cocok digunakan di Jakarta.

''Untuk spesifikasi dan persyaratannya apa saja itu ada di Dishub. Tapi salah satunya, persyaratannya ialah kendaraan di bawah 6 meter, kami sebagai diler menawarkan HiAce," katanya.

Bentuk Jok
Seperti diketahui HiAce memiliki bentuk jok terpisah dan dapat menampung hingga 16 orang penumpang. Jika pun HiAce menang tender dan dipakai sebagai ''mikrolet'' maka tergantung TransJakarta.

"Kalau itu tergantung daripada hasil dripada tim Transjakarta yang akan melihat ini kapasitas berapa sih. Mereka pasti juga bagaimana bangkunya dibikin nyaman dan lainnya. Hanya saja, dari kami, secara fasilitas mobil ini sudah layak, tampangnya bagus, ber-AC dan lainnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com