Sudah Tak Diproduksi Lagi, Onderdil Yamaha Scorpio Sulit Dicari?

Kompas.com - 06/03/2020, 07:12 WIB
Mekanik tengah melakukan perbaikan Yamaha Scorpio di Bengke ASICS di Tohudan, Karanganyar, Jawa Tengah. Ari PurnomoMekanik tengah melakukan perbaikan Yamaha Scorpio di Bengke ASICS di Tohudan, Karanganyar, Jawa Tengah.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Yamaha Scorpio sudah lama dihentikan produksinya atau discontinue oleh PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM).

Sepeda motor yang pertama kali diperkenalkan pada 2002 ini harus diakhiri dengan produk terakhir, yakni tiga tahun setelahnya atau sekitar 2015.

Setelah itu, pabrikan berlambang garpu tala tidak lagi mengeluarkan motor dengan kubikasi 225 cc itu lagi. Padahal, saat itu Yamaha Scorpio menjadi motor dengan kubikasi terbesar dibandingkan pabrikan lain.

Meski sudah resmi dihentikan peredarannya sejak 2015 lalu, tetapi sampai sekarang peminat motor kalajengking ini masih cukup banyak. Terbukti, masih banyak yang berburu motor dengan busi di sebelah kiri ini.

Sskarang ini harga di pasaran berkisar mulai dari Rp 9,5 juta hingga belasan juta ini, Yamaha Scorpio masih terbilang relatif murah untuk mesin dengan kapasitas mesin mencapai 225 cc.

Baca juga: Scorpio ala Chopper Jepang, Rasanya seperti Mengendarai Mobil

Tetapi, karena sudah tidak lagi dipasarkan oleh diler resmi kemudian banyak yang beranggapan bahwa sparepart atau onderdil Scorpio sudah sulit dicari di toko.

Lapak khusus onderdil motor Honda lawasStanly/Otomania Lapak khusus onderdil motor Honda lawas

Anggapan ini langsung dibantah oleh Ketua Umum Adventure Scorpio Indonesia Club Surakarta ( ASICS), Patrice Haryanto.

Pria yang akrab disapa Lik Totok ini mengatakan, meskipun Scorpio sudah tidak lagi beredar di diler-diler resmi bukan berarti sparepartnya sulit didapatkan.

“Sparepartnya masih banyak, bisa pilih mau yang copotan (motor) atau yang di toko-toko. Yang copotan juga masih banyak tinggal pilih saja,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/3/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai Gubernur Ikatan Motor Scorpio Indonesia ( IMSI) Region III Jateng DIY juga mengatakan, bahwa masalah sparepart atau komponen untuk motor kalajengking juga terbantu oleh adanya komunitas atau pun organisasi.

Baca juga: Modifikasi Yamaha Scorpio 2013 Cafe Racer

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X