Hindari Virus Corona dengan Membersihkan AC Mobil Teratur

Kompas.com - 03/03/2020, 07:32 WIB
AC mobil perlu dirawat minimal 6 bulan sekali untuk mengantisipasi bau tak sedap. KompasOtomotif-Donny AprilianandaAC mobil perlu dirawat minimal 6 bulan sekali untuk mengantisipasi bau tak sedap.

JAKARTA, KOMPAS.comVirus corona tengah ramai di Tanah Air setelah dua orang warga negara Indonesia (WNI) positif tertular wabah berkode Covid-19. Untuk mencegah penularan virus, tak ada salahnya bagi pemilik mobil untuk menjaga kebersihan AC.

Salah satunya dengan menjaga kebersihan evaporator. Sebab kebersihan komponen ini amat berpengaruh pada kondisi udara yang kita hirup selama menyalakan AC mobil.

Kelvin Ong, Kepala Bengkel Spesialis AC Rotary Bintaro, mengatakan, evaporator idealnya dibersihkan minimal setahun sekali atau tiap 20.000 km.

Baca juga: Fortuner Bekas Lebih Dicari ketimbang Pajero Sport

Ilustrasi AC mobildjedzura Ilustrasi AC mobil

Selain dibersihkan, menurutnya filter kabin pada evaporator juga harus diganti rutin. Sebab pada evaporator mobil keluaran baru, bahan materialnya disebut lebih tipis, sehingga mudah korosi dan bocor.

“Jadi kalau kita jarang maintenance tetapi AC mobil tetap dingin, lama-lama debu akan membuat evaporator menjadi korosi, keropos, lalu bocor,” ujarnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau sudah bocor, freon bisa keluar dari sana, dan AC menjadi tidak dingin. Hal ini berakibat pada terhirupnya freon, yang berakibat tidak baik bagi kesehatan,” kata Kelvin.

Baca juga: Hindari Patah Sokbreker, Begini Teknik Benar Menghajar Jalan Berlubang

Evaporator AC mobilFoto: Dokter Mobil Evaporator AC mobil

Di samping itu, Kelvin menyarankan para pemilik mobil untuk menjaga kebersihan interior mobil. Salah satunya dengan rutin mencuci bagian karpet.

“Sebab debu dan partikel halus di interior, terutama dari karpet, dapat mempengaruhi kinerja evaporator. Kalau saringan udara sudah banyak debu, otomatis kerjanya makin berat,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.