Pasar Otomotif Januari 2020 Turun 2,4 Persen, Ini Merek Terlarisnya

Kompas.com - 02/03/2020, 17:57 WIB
Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, pasar kendaraan roda empat dalam negeri di awal 2020 mengalami pelemahan 2,44 persen dibanding tahun sebelumnya.

Selama Januari 2020, tercatat hanya ada 79.983 unit mobil yang didistribusikan dari pabrik ke diler (wholesales). Padahal pada periode sama tahun lalu berhasil mencapai 81.988 unit.

Meski demikian, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menilai performa tersebut adalah wajar. Sebab pasar sedang mengalami gejolak.

Baca juga: Mobil Terlaris Januari 2020, Brio Kejar Avanza, Xpander Tertinggal

Ilustrasi membeli mobilistimewa Ilustrasi membeli mobil

"Tiga diantaranya adalah ketidakpastian pasar akibat perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China, adanya ancaman penyebaran wabah virus corona, serta banjir di berbagai wilayah Indonesia," kata Nangoi saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Corona, kata Nangoi, walau belum berdampak langsung terhadap industri otomotif di dalam negeri namun menghambat berbagai instrumen. Misalnya terkait pengadaan komponen dan barang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selain itu, di Bali, pengadaan bus baru jadi menurun. Sementara produksi kendaraan dalam negeri nampaknya masih normal sampai saat ini," ujar dia.

"Diharapkan berbagai masalah itu tidak berkepanjangan sehingga pertumbuhan ekonomi dalam negeri positif. Serta, ekspor dan impor tak terkendala khususnya ke atau dari China," lanjut Nangoi.

Baca juga: Ditinggal Datsun, Penjualan Mobil Murah Malah Naik

Ilustrasi pelayanan tenaga penjual.KTB Ilustrasi pelayanan tenaga penjual.

Adapun merek paling banyak menjual kendaraan pada Januari 2020, berdasarkan sumber yang sama, ialah Toyota dengan capaian 24.151 unit.

Namun angka itu cenderung turun jika dibandingkan dengan penjualan di Januari 2019 yang mampu mencapai 25.090 unit atau 3,7 persen secara tahunan.

Tidak hanya itu, saudaranya di Grup Astra, Daihatsu, juga mengalami penurunan performa. Di awal tahun ini Daihatsu hanya mampu menjual 14.173 unit, turun sekitar 4,3 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.