Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saingi Hyundai, Kia Juga Siapkan Mobil Listrik untuk Indonesia

Kompas.com - 01/02/2020, 09:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia kembali meramaikan pasar otomotif Indonesia usai keagenan merek asal Korea Selatan ini diambil alih oleh Indomobil Group melalui PT Kreta Indo Artha (KIA). Eksistensinya ditunjukan dengan meluncurkan SUV terbarunya, yakni Seltos, beberapa waktu lalu.

Namun itu hanya langkah awal, KIA menyatakan, bakal ada beberapa produk baru lain yang didatangkan ke Indonesia, salah satunya mobil listrik.

Marketing and Development Division Head PT KIA Ario Soerjo, menjelaskan, memang ada rencana Kia untuk mengenalkan produk-produk ramah lingkungan. Salah satu alasannya, karena mulai ramai teknologi elektrifikasi di Tanah Air.

Baca juga: KIA Siapkan Seltos Mesin Diesel untuk Indonesia

"Kalau niat kami pasti ada. Kapannya itu, ya mudah-mudahan nanti di GIIAS 2020 bisa muncul," ucap Ario menjawab pertanyaan Kompas.com, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Jumat (31/1/2020).

Kia Soul EV Kia Soul EV

Namun demikan, saat disinggung model mobil listrik apa yang akan diboyong KIA ke Indonesia, Ario enggan untuk menjelaskan lebih lanjut. Dia hanya mengatakan bila secara produk, Kia punya line-up lengkap soal kendaraan elektrifikasi.

Bila merujuk dari Kia Global, memang produk elektrifikasi yang dimiliki cukup lengkap. Mulai dari teknologi hybird, PHEV, sampai yang benar-benar listrik murni. Sedangkan, model yang ditawarkan juga beragam, ada yang sedan, hatchback, crossover, sampai SUV.

Baca juga: Kenapa Harga Mobil Kia Kini Lebih Mahal?

Walau enggan memberikan bocoran mengenai model, tapi Ario memastikan bila nanti pihaknya jadi membawa produk elektrifikasi di GIIAS, maka yang akan dimasukkan adalah listrik murni. Bukan PHEV atau hybrid.

Mobil listrik Hyundai Ioniq Mobil listrik Hyundai Ioniq

"Sudah bisa dilihat dari line-up Kia yang ada, dan sebenarnya Kia bermain sama dengan Hyundai karena saudara, jadi ya full listrik. Untuk langsung dijual atau tidak, intinya kita belajar dari saudara (Hyundai), kalau bisa kasih harga segitu untuk mobil listriknya kita juga pelajari, atau minimal kita pajang dulu," kata Ario.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com