Menakar Dampak Banjir Bagi Industri Otomotif Nasional

Kompas.com - 02/03/2020, 08:02 WIB
Sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintasi Jalan Gunung Sahari yang mengalami banjir di Pademangan, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan yang mengguyur sejak Jumat pagi hingga siang hari tersebut memicu banjir setinggi 30-50 centimeter di jalan raya itu sehingga menyebabkan lalu lintas kendaraan bermotor dan roda perekonomian warga setempat tersendat. ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRASejumlah pengendara kendaraan bermotor melintasi Jalan Gunung Sahari yang mengalami banjir di Pademangan, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Hujan yang mengguyur sejak Jumat pagi hingga siang hari tersebut memicu banjir setinggi 30-50 centimeter di jalan raya itu sehingga menyebabkan lalu lintas kendaraan bermotor dan roda perekonomian warga setempat tersendat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan tinggi disertai bencana banjir masih menghantui berbagai wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, paling tidak hal ini akan berlangsung hingga akhir Maret 2020.

Berbagai sektor diharapkan bersiap diri menghadapi bencana 'klasik' Ibu Kota tersebut. Pasalnya, hujan dan banjir mulai berdampak pada sendi-sendi industri dan bisnis nasional, tak terkecuali bidang otomotif.

Direktur Inovasi Bisnis dan Penjualan & Pemasaran PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menyatakan, jika hujan disertai banjir berlangsung secara berkepanjangan maka pasokan komponen bakal terganggu. Dampaknya, terjadi kepincangan di roda produksi kendaraan.

Baca juga: Ingat Lagi Estimasi Biaya Perbaikan Mobil yang Terendam Banjir

Sebuah mobil Honda Brio rusak berat akibat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Sebuah mobil Honda Brio rusak berat akibat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.

"Sejauh ini belum ada dampak signifikan untuk produksi, tetapi memang ada beberapa pemasok kami yang kena banjir yaitu di daerah Bekasi, Jawa Barat. Semoga saja tidak berkepanjangan," katanya kepada Kompas.com di Jakarta, belum lama ini.

Hal senada juga disampaikan Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengacu pada pengalaman banjir yang terjadi di Januari 2020.

"Operasi pabrik sebenarnya normal, namun suplai komponen part sempat terganggu karena beberapa penyuplai pabriknya terkena banjir. Dampak dari tersendatnya pasokan ini ke semua supply chain," ujarnya saat dihubungi Kompas.com.

Selain itu, akibat banjir Jakarta juga membuat sebagian besar karyawan berhalangan masuk kerja. Pada jangka panjang, menyebabkan volume produksi turun secara signifikan.

Baca juga: Banjir Jakarta Sebabkan Truk Logistik Rugi Puluhan Miliar Rupiah

Ketinggian air sudah mencapai setengah badan mobil kala banjir melanda Perumahan Kartika Baru, Rabu (01/01/2019)SYIFA NURI KHAIRUNNISA Ketinggian air sudah mencapai setengah badan mobil kala banjir melanda Perumahan Kartika Baru, Rabu (01/01/2019)

"Karyawan tidak masuk karena rumah dan akses perjalanannya terganggu. Produksi berjalan, tapi tidak optimal," kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

Pada kesempatan terpisah, Hendrayadi Lastiyoso, Kepala Divisi Pemasaran dan CR PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), menyampaikan, hujan disertai banjir juga punya potensi untuk mengganggu jalannya kegiatan distribusi unit kendaraan bermotor.

Berdasarkan catatannya, saat banjir di awal 2020 ada beberapa konsumen yang memutuskan untuk menunda pengiriman unit. Hal itu dikarenakan genangan air masih cukup tinggi untuk dilintasi mobil.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf S.I.K,M.Hum melaksanakan pengecekan dan Rekayasa Arus Lalulintas di Ruas Tol dalam Kota, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf S.I.K,M.Hum melaksanakan pengecekan dan Rekayasa Arus Lalulintas di Ruas Tol dalam Kota, Jakarta, Rabu (1/1/2020).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X