Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumors Suzuki Jimny Long dengan 5 Pintu, Produksi Juni 2020

Kompas.com - 02/03/2020, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Maruti Suzuki dikabarkan sedang menyiapkan produksi untuk Jimny generasi keempat di pabrik Gurgaon, India. Perusahaan telah berencana memulai rencana tersebut pada Juni 2020.

Suzuki Jimny atau Maruty Gipsy di India, yang telah dikenalkan dan mendapat respons positif sejak beberapa tahun yang lalu.

Meski begitu, rumors yang dilansir dari Indiana Autos Blog, Jimny yang diproduksi di India harus memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak agar dapat mengakomodir kebutuhan konsumen.

Baca juga: Cari Mobil Diesel Bekas, Masih Ada yang Lebih Murah dari Panther

Test Drive Suzuki JimnyKompas.com/Dio Test Drive Suzuki Jimny

Maka dari itu, santer tedengar kabar Jimny long wheelbase atau Jimny versi 5 pintu juga akan diproduksi. Mengingat Jimny versi 3 pintu mulai dikesampingkan konsumen.

Sementara itu, laporan Rushlane menyebutkan bahwa Jimny produksi India bakal diekspor ke beberapa negara mulai November 2020.

Dengan peminat yang tinggi, bukan tak mungkin Indonesia jadi salah satu negara tujuan. Apalagi sampai saat ini, Indonesia masih mengandalkan Jimny yang diproduksi dari pabrik Suzuki di Kozai, Jepang, dengan jatah hanya sekitar 50 unit sebulan.

Baca juga: Kenapa Tuas Sein Mobil Jepang Beda dengan Mobil Eropa?

Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny

Untuk diketahui, selain India, sebelumnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga sudah mengajukan diri untuk menjadi basis produksi Jimny. Namun, kabarnya belum ada keputusan resmi dari Suzuki pusat di Jepang.

“Selama tidak ada keputusan dari prinsipal belum sah, nanti pada waktunya kami umumkan, kami juga masih tunggu keputusan dari prinsipal,” kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, kepada Kompas.com belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com