Cara Murah Merawat Power Window, Bisa Pakai Minyak Goreng

Kompas.com - 28/02/2020, 12:12 WIB
Mengenal gejala kerusakan power window Stanly/OtomaniaMengenal gejala kerusakan power window
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Perawatan pada kendaraan roda empat tidak hanya dilakukan pada bagian mesin atau pun kaki-kaki saja. Tetapi komponen lain, seperti power window juga membutuhkan perahatian.

Melakukan perawatan pada bagian kaca pintu ini, maka usia power window juga akan lebih panjang. Berbeda halnya jika sama sekali tidak dilakukan perawatan maka akan lebih cepat rusak.

Selama ini mungkin masih banyak yang mengabaikan mengenai komponen pembuka dan penutup kaca otomatis ini. Sehingga, saat terjadi kerusakan barulah pemilik mobil harus membawanya ke bengkel.

Otomatis biaya yang harus dikeluarkan pun juga bisa lebih besar untuk melakukan perbaikan.
Padahal, untuk melakukan perawatan power window tidak membutuhkan biaya yang besar.

Bahkan, bisa dikatakan cukup murah karena perawatan bagian kaca ini juga ternyata bisa menggunakan minyak goreng.

Baca juga: Tips Sederhana Merawat Power Window

Minyak goreng ini digunakan untuk membuat karet kaca menjadi lebih lancar saat power window diaktifkan.

Mengingat karet pada kaca ini sangat berpengaruh terhadap lancar tidaknya kerja power window. Jika  sudah keras atau tidak lentur maka bisa membuat kerja power window akan lebih berat.

Motor power window.Ghulam/Otomania Motor power window.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus bukan berarti motor power window juga akan cepat rusak. Mau tidak mau pemilik mobil harus mengganti komponen tersebut jika ingin fungsinya kembali normal.

Pemilik Bengkel Berdikari Jaya spesialis pintu mobil, Solo, Jawa Tengah, Ngadino (48) mengatakan, minyak goreng bisa digunakan untuk melapisi karet pintu yang biasanya digunakan untuk jalur kaca

Power window switch dengan fitur auto up untuk Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sirion, Daihatsu Great New Xenia, dan Toyota Grand New Avanza. @achmad_subechi/Instagram Power window switch dengan fitur auto up untuk Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sirion, Daihatsu Great New Xenia, dan Toyota Grand New Avanza.
.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X