Suzuki India Siap Produksi Jimny, Bagaimana dengan Indonesia?

Kompas.com - 28/02/2020, 09:42 WIB
Pengunjung mencoba Suzuki New Jimny saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (02/08/2018). Pada pameran otomotif GIIAS kali ini mengusung tema Beyond Mobility yaitu mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, Acara ini akan berlangsung hingga 12 Agustus 2018. ANDREAS LUKAS ALTOBELIPengunjung mencoba Suzuki New Jimny saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (02/08/2018). Pada pameran otomotif GIIAS kali ini mengusung tema Beyond Mobility yaitu mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, Acara ini akan berlangsung hingga 12 Agustus 2018.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Maruti Suzuki India Ltd, dikabarkan telah siap untuk memproduksi Jimny generasi keempat. Kabarnya Jimny akan diproduksi di fasilitas pabrik Maruti yang berada di Gurgaon, India.

Saat ini Maruti sedan melakukan persiapan jalur produksi, bahkan informasi yang beredar, India akan dijadikan salah satu basis produksi Jimny setelah Jepang.

Mengutip dari Gaadiwaadi, Maruti merencankan Suzuki Jimny Sierra siap untuk diekspor mulai Juni 2020 mendatang. Dari keterangan yang didapat, keputusan untuk memproduksi Jimny di India juga dilandasi dengan banyak penggunaan platform Heartect pada produk Suzuki di India.

Baca juga: Alasan Yamaha Tak Suntik Mati NMAX Generasi Lama

Lantaran hal tersebut, rencana memproduksi Jimny di India dinilai menjadi hal yang sangat masuk akal. Selain untuk kebutuhan ekspor, rencananya unit yang diproduksi di India juga dimanfaatkan untuk kebutuhan domestik.

Test Drive Suzuki JimnySTANLY RAVEL-KOMPAS.com Test Drive Suzuki Jimny

Hanya saja dibuat dan dirancang mengikuti spesifikasi yang sesuai dengan konsumen India. Kabar yang beredar secara desain akan dibentuk lebih panjang dengan lima pintu dan didaulat menjadi penerus dari Suzuki Gipys.

Bila hal ini benar-benar terwujud, kemungkinan besar PT Suzuki Indoobil Sales (SIS) tak mendapat kesempatan untuk memproduksi Jimny di Cikarang. Bahkan bisa jadi nantinya Jimny yang dikirim ke Indonesia juga akan berasal dari India, layakanyua Baleno dan Ignis.

Seperti diketahui, sebelumnya SIS mengatakan sedang berupaya membujuk pihak prinsipal di Jepang untuk memberikan lampu hijau guna memproduksi SUV lengendaris tersebut di Tanah Air.

Baca juga: Suzuki Bicara Soal Rumors Jimny Long dengan 5 Pintu

Namun, sampai dengan peluncurkan XL7 beberapa waktu lalu, belum ada kepastian yang diberikan, padahal indennya sudah cukup mengular panjang hingga belasan tahun. India sendiri memang menjadi rival utama dalam perebutan tahta produksi Jimny.

Hasil render Suzuki Jimny 5 pintuX-Tomi Design Hasil render Suzuki Jimny 5 pintu

Ketika mengkonfirmasikan kabar ini, 4W Marketing Director PT SIS Donny Sapurta, kembali mengatakan bila belum ada keputusan resmi dari pihak prinsipal di Jepang.

"Pengumumanya belum ada sampai saat ini, kalau kami tetap tunggu keputusan resmi. Selama tidak ada keputusan dari prinsipal belum sah, nanti pada waktunya akan kami umumkan, kami masih juga masih tunggu keputusan dari prinsipal," ujar Donny kepada Kompas.com, Kamis (27/2/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.