Alasan Yamaha Tak Suntik Mati NMAX Generasi Lama

Kompas.com - 27/02/2020, 12:01 WIB
Yamaha NMAX mendapat penyegaran dengan warna baru, yakni matte red. IstimewaYamaha NMAX mendapat penyegaran dengan warna baru, yakni matte red.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak seperti sebagian agen pemegang merek (APM) lain, meski sudah meluncurkan generasi barunya, namun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing ( YIMM) masih memproduksi dan memasarkan NMAX versi lawas.

Ketika menanyakan alasan mengapa mempertahakan model lawas dari skutik bongsor berkubikasi 155 cc tersebut, Public Relation Manager PT YIMM Antonius Widiantoro, mengatakan karena memang permintaannya masih ada.

"Kalau dilihat memang permintaan untuk NMAX lama ini memang masih ada dan masih cukup baik. Karena itu kami memutuskan untuk tetap memproduksinya sampai sekarang," ucap Anton kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Baca juga: Kamera Tilang Elektronik untuk Motor Bakal Ditambah, Ini Lokasinya

Tak hanya itu, alasan lain kenapa Yamaha masih memproduksi NMAX juga lantaran untuk memenuhi kebutuhan pasar mancanegera.

Karena untuk saat ini, produksi generasi baru skutik yang menjadi rival dari Honda PCX tersebut hanya difokuskan untuk penjualan domestik.

Yamaha Nmax 2020 Yamaha Nmax 2020

Lebih lanjut Anton menjelaskan, untuk proses pengiriman NMAX baru, distribusinya sudah mulai berjalan. Namun pada Januari lalu tahap awal baru untuk model standar, sementara tipe tertingginya dilakukan mulai Februari ini.

Anton pun tak menampik bila memang terjadi inden di beberapa daerah. Tapi ketika ditanyakan sampai berapa lama masyarakat harus menunggu mendapatkan unitnya, Anton hanya menjelaskan tak bisa memastikan sampai kapannya.

Baca juga: Yamaha Bergeming Soal Ekspor NMAX Baru ke Mancanegara


"Ada yang sudah dapat ada yang masih harus menunggu. Kami juga tidak bisa pastikan berapa lama, karena itu dengan adanya NMAX yang lama masih kita produksi bisa jadi juga opsi pilihan bagi konsumen yang mungkin tidak sabar menunggu," kata Anton.

Ketika ditanya kapan Yamaha akan mematikan NMAX model lama, Anton pun hanya menjelaskan bila hal tersebut nantinya bakal berjalan seiring dengan tren pasar. Bila memang secara permintaan mulai menurun akan ada evaluasi kembali.

Yamaha Nmax 2020 Yamaha Nmax 2020

"Jadi kita akan lakukan transisi perlahan, yang pasti kita monitoring kalau memang nanti market-nya lebih banyak yang baru kita akan turun yang lama pelan-pelan. Artinya kita tidak langsung pangkas yang lama setelah ada yang baru," ucap Anton.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X