Uji Coba Kupas Aspal Formula E di Monas, Bisa Kembali Seperti Semula

Kompas.com - 26/02/2020, 09:37 WIB
Aspal untuk balap mobil listrik Formula E mulai dipasang di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/2/2020) KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGIAspal untuk balap mobil listrik Formula E mulai dipasang di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/2/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menuai banyak sindiran pedas karena banjir yang juga menimpa wilayah Monas, Organizing Committee (OC) Formula E tetap memberikan kabar baik. Uji coba pengelupasan aspal di Monas berjalan lancar.

Aspal yang digunakan untuk melapisi cobblestone seluas 60 meter persegi di kawasan Monas, berhasil terangkat dan kondisinya kembali seperti semula. Namun, proses pengelupasannya juga tidak mudah, karena dilakukan dengan beberapa tahap.

Baca juga: Sirkuit Jalanan Formula E di Monas Mulai Diuji Coba

OC Formula E juga didampingi tim ahli dari LAPI ITB (Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia - Institut Teknologi Bandung). Pengaspalan yang dilakukan pada Sabtu (22/2/2020) berhasil dikelupas pada Selasa (25/2/2020) dini hari.

Pengelupasan uji coba aspal Formula E di MonasIstimewa Pengelupasan uji coba aspal Formula E di Monas

Tahap pertama persiapan pengelupasan adalah melakukan uji geser. Pengujian dilakukan dengan menggunakan dump truck di atas aspal dan diuji coba berjalan dengan kuantitas terukur, lalu dilakukan pengereman. Tujuan dari tahap ini adalah melihat seberapa kuat aspal yang sudah melekat di cobblestone terhadap gesekan.

Tahap selanjutnya adalah pengelupasan aspal dengan memakai cold milling machine. Tujuannya adalah melihat seberapa mudah aspal dikelupas dan bagaimana efeknya terhadap cobblestone.

Tahap akhir, yakni membersihkan area di atas hamparan cobblestone yang sebelumnya terlapisi aspal. Hasilnya, cobblestone bisa kembali seperti sedia kala.

Baca juga: Potensi Keuntungan Jakarta dari Ajang Formula E

Deputi Bidang Teknis OC Formula E Jakarta Wisnu Wardhana, mengatakan, aspal telah melalui kondisi panas pada suhu terukur dan guyuran hujan yang memadai serta dilintasi uji geser.

"Masa pelapisan sudah cukup waktu untuk mengevaluasi hasil. Pertimbangan cuaca juga dinilai memperkuat dukungan terhadap proses pengelupasan aspal dilakukan pada saat yang tepat,” ujar Wisnu, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Pengelupasan uji coba aspal Formula E di MonasIstimewa Pengelupasan uji coba aspal Formula E di Monas

"Secara umum, hasil uji coba pengaspalan memuaskan," kata Wisnu, yang selanjutnya mengatakan akan memilih geotextile untuk pengaspalan laga Formula E.

Hasil memuaskan dari uji coba pengaspalan cobblestone ini menjadi salah satu materi yang disampaikan pada rapat antara PT Jakarta Propertindo (Perseroda) sebagai penerima penugasan penyelenggaraan Formula E Jakarta dengan Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X