Berguna saat Hujan, Ini Ragam Fungsi Simbol pada Tuas Wiper

Kompas.com - 25/02/2020, 17:51 WIB
Tuas wiper memiliki beberapa fitur penting yang tak dipahami semua orang. GridOto.comTuas wiper memiliki beberapa fitur penting yang tak dipahami semua orang.
|

JAKARTA, KOMPAS.comWiper jadi fitur wajib yang harus ada di setiap mobil. Tanpa fitur ini, visibilitas pengemudi bakal berkurang, terutama saat kondisi hujan.

Untuk mengaktifkan wiper, pengemudi tinggal memutar atau menggeser tuas yang berada di balik setir. Di mobil Jepang, umumnya tuas wiper berada di sebelah kiri, sementara mobil Eropa ada di tuas sebelah kanan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, tuas wiper memiliki sejumlah simbol yang mengartikan fungsi dan kerjanya.

Baca juga: Daftar Jalan Tol yang Tergenang Air, Waspada Efek Aquaplaning

Bosch meluncurkan Advantage Wiper yang sudah disesuaikan dengan iklim tropis Asia, termasuk untuk Indonesia.Bosch Bosch meluncurkan Advantage Wiper yang sudah disesuaikan dengan iklim tropis Asia, termasuk untuk Indonesia.

“Pengemudi harus mengetahui masing-masing fungsinya agar mendapat sapuan wiper yang paling sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Fungsi pertama wiper yaitu Mist, biasanya diletakkan paling atas. Untuk mengaktifkannya, pengemudi tinggal menggeser tuas wiper ke atas satu kali. Hampir semua mobil biasanya memiliki mode ini.

Mist mengaktifkan wiper hanya sekali sapuan setiap kali ditekan, Mist ini gunanya kalau hujan baru rintik-rintik saja, dan durasinya cuma sesekali,” kata Marcell.

Baca juga: Agar Tak Berembun, Begini Cara Atur AC Mobil Saat Hujan Deras

Ilustrasi Tuas WiperDok. Otomotif Group Ilustrasi Tuas Wiper

Kemudian Intermitten, yang biasanya ditulis dengan simbol INT. Mode ini memungkinkan pengemudi untuk menentukan sendiri interval sapuan wiper pada kaca depan.

Mode Intermitten tak dibekali pada semua mobil, ciri pengaturan ini adalah adanya tanda segitia yang dibagi dalam beberapa kotak. Semakin besar kotak, maka semaki lama pula interval wiper bekerja.

“Cara mengaktifkannya dengan memutar switch yang berada di ujung tuas wiper,” ucap Marcell.

Baca juga: Begini Cara Bikin Kabin Mobil Cepat Dingin Usai Parkir di Tempat Panas

Ilustrasi Tuas WiperGridOto.com Ilustrasi Tuas Wiper

Selain itu, ada juga fitur LO dan HI, yang memungkinkan wiper bekerja terus menerus tanpa jeda. Pembeda keduanya ada pada kecepatan saat wiper menyapu kaca.

“Saat di posisi HI, usapan wiper lebih cepat ketimbang di posisi LO. Posisi LO biasanya dipakai saat hujan mulai turun, kalau HI digunakan saat hujan sudah sangat deras dan visibilitas makin berkurang,” ujarnya.

Di pasaran juga terdapat mobil yang memiliki wiper dengan fitur AUTO. Dalam mode ini sapuan cepat atau lambat wiper akan bekerja secara otomatis tergantung hujan yang turun.

Baca juga: Mobil Bensin Salah Isi Solar, Ini yang Terjadi

Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.

“Biasanya mobil-mobil mewah atau yang sudah dibekali teknologi sensor hujan. Teknologi ini memungkinkan wiper bekerja sesuai dengan banyaknya air hujan yang mengenai kaca mobil,” kata Marcell.

Terakhir, wiper belakang yang mulai banyak disediakan oleh mobil keluaran baru. Cara mengaktifkannya tinggal memutar switch yang berada di ujung tuas wiper.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X