Punya Interior Krem Terasa Luas, Tapi Lebih Repot Merawatnya

Kompas.com - 25/02/2020, 09:22 WIB
Interior All New Suzuki Ertiga dok.SuzukiInterior All New Suzuki Ertiga

BEKASI, KOMPAS.com – Punya interior mobil dengan kelir cerah seperti krem atau beige memang membuat kabin terasa lebih luas. Namun, interior dengan warna ini juga butuh perhatian ekstra, terutama dalam perawatannya.

Ketika mobil digunakan untuk harian, ada bagian di interior yang biasa berubah warna seperti di setir dan tuas transmisi. Bagian-bagian tersebut akan lebih kotor ataupun pudar warnanya.

Ario Hadi, Operation Manager Autospa di Bekasi, mengatakan, interior warna krem atau beige memang harus lebih rajin untuk dibersihkan. Dibanding warna gelap, interior beige lebih mudah terlihat kotor.

“Warna interior yang menguning atau berubah warna, disebabkan oleh kotoran yang menumpuk. Jadi cara menanggulanginya ya harus rutin dibersihkan,” ucap Ario kepadaKompas.com, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Bikin Toyota Avanza Tambah Nyaman Pakai Captain Seat

membersihkan interiorKompas.com/Fathan membersihkan interior

Ario menyarankan, setidaknya satu kali dibersihkan setiap bulan, demi mencegah kotoran menumpuk. Untuk pembersihannya, bisa dilakukan secara mandiri di rumah menggunakan kuas dan obat pembersih interior.

Interior cleaner/all purpose cleaner bisa didapatkan di toko atau situs jual beli online. Jadi untuk membersihkan interior bisa dilakukan sendiri di rumah,” kata Ario.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Wacana Pembatasan dan Larangan Motor di Jalan Nasional | Lokasi ETLE untuk Motor Diperluas

Edy, pemiliki dari bengkel spesialis interior Vertue Concept di Sunter, mengatakan, jika ada bagian interior yang sudah terlanjur menguning dan sulit dibersihkan, salah satu cara menutupinya yaitu dengan melapis ulang bagian yang kotor.

“Bagian setir dan tuas transmisi bisa dilapis ulang menggunakan kulit asli, untuk biaya pengerjaannya mulai Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta. Pakai kulit asli agar tidak licin ketika dipakai mengemudi,” ucap Edy kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.