Ingat, Sepeda Motor Dilarang Melintas di JLNT Casablanca

Kompas.com - 21/02/2020, 12:49 WIB
Polisi melakukan razia sepeda motor yang nekat menerobos ke jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Selasa (25/7/2017). Pengendara motor masih nekat memasuki dan melintasi JLNT tersebut baik dari arah Tanah Abang maupun Kampung Melayu. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOPolisi melakukan razia sepeda motor yang nekat menerobos ke jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Selasa (25/7/2017). Pengendara motor masih nekat memasuki dan melintasi JLNT tersebut baik dari arah Tanah Abang maupun Kampung Melayu. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan merupakan jalur terlarang untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor. Akan tetapi ruas ini justru menjadi lokasi favorit bagi para pengendara sepeda motor.

Terlebih jika jalan di bawah mengalami kemacetan. Tidak sedikit pengendara motor yang nekat melintas di JLNT Casablanca.

Padahal, di jalur masuk ruas sudah terpasang rambu larangan bagi pengendara motor. Hanya saja rambu tersebut seolah tidak dihiraukan dan pemotor santai saja melintasi.

Ditlantas Polda Metro Jaya sendiri mengeluarkan kebijakan pelarangan tersebut bukan tanpa alasan. Mulai dari mengurai kemacetan hingga ancaman bahaya yang akan terjadi jika sepeda motor nekat melintas di JLNT Casablanca.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Mobil Bekas Rp 70 Jutaan | Tilang Elektronik di JLNT Casablanca

Selama ini jajaran kepolisian juga sudah rutin melakukan penjagaan di JLNT Casablanca. Akan tetapi, masih banyak pengendara motor yang tetap nekat melintas.

JLNT CasablancaPengendara memutar balik motornya setelah mengetahui ada petugas kepolisian di ujung JLNT Casablanca arah Kampung Melayu, Selasa (25/7/2017). JLNT Casablanca

Lebih parahnya, jika pemotor mengetahui ada petugas di depan mereka nekat memutar balik kendaraannya.

Padahal, perilaku tersebut sangat berbahaya mengingat dari arah berlawanan melintas kendaraan lainnya.

Sehingga, potensi kecelakaan yang terjadi sangat besar. Tidak hanya akan membahayakan bagi pengendara sepeda motor yang melanggar, tetapi juga bagi pengguna jalan lainnya.

Salah satu kasus kecelakaan mengerikan juga pernah terjadi di ruas jalan ini, yakni peristiwa kecelakaan yang melibatkan suami istri.

Baca juga: Motor Lewat Jalan Layang Casablanca Bakal Kena Tilang Elektronik

Pasangan tersebut ditabrak mobil sampai akhirnya sang istri terjatuh dari ketinggian 15 meter dan meninggal dunia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X