Ada Aksi 212, Simak Pengalihan Arus Lalu Lintas

Kompas.com - 21/02/2020, 11:33 WIB
Ilustrasi lalu lintas macet KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZESIlustrasi lalu lintas macet
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa bertajuk 'Aksi 212 Berantas Korupsi' akan digelar di silang barat daya Monas atau Patung Kuda dan depan Istana Negara, hari ini, Jumat (21/2/2020).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menyatakan, surat pemberitahuan aksi itu telah diterima pihaknya dengan nomor STTP/01/II/2020/Dit.Intelkam.

Guna mengantisipasi kepadatan kendaraan akibat aksi tersebut, polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Namun, pengarahan ini bersifat situasional.

"Benar kita siapkan rencana rekayasa lalin. Ini bersifat situasional ya," kata Fahri saat dihubungi Jumat (21/2/2020).

Baca juga: Masih Perlu Angkat Wiper Mobil saat Parkir?

Massa aksi  alumni 212 melakukan demonstrasi terkait kasus penindasan etnis Uighur di depan Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) China, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019). Mereka membawa spanduk-spanduk berisi desakan terhadap pemerintah China.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Massa aksi alumni 212 melakukan demonstrasi terkait kasus penindasan etnis Uighur di depan Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) China, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019). Mereka membawa spanduk-spanduk berisi desakan terhadap pemerintah China.

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Arus lalin dari Jalan Veteran Raya yang akan ke Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light Harmoni.

2. Arus lalin dari Jalan Martim yang akan menuju Jalan Merut dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalin dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Mersel diluruskan ke Jalan Mertim.

4. Arus lalin dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalin dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalin dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalin dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan dan arus lalin dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalin dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

"Kemudian kita persiapkan pengamanan dari Polres (Jakarta Pusat) dibackup oleh Polda (Metro Jaya) untuk mengawal aksi unjuk rasa ini. Terkait jumlah personel, kita koordinasikan lagi," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.