Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Aksi 212, Simak Pengalihan Arus Lalu Lintas

Kompas.com - 21/02/2020, 11:33 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa bertajuk 'Aksi 212 Berantas Korupsi' akan digelar di silang barat daya Monas atau Patung Kuda dan depan Istana Negara, hari ini, Jumat (21/2/2020).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menyatakan, surat pemberitahuan aksi itu telah diterima pihaknya dengan nomor STTP/01/II/2020/Dit.Intelkam.

Guna mengantisipasi kepadatan kendaraan akibat aksi tersebut, polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Namun, pengarahan ini bersifat situasional.

"Benar kita siapkan rencana rekayasa lalin. Ini bersifat situasional ya," kata Fahri saat dihubungi Jumat (21/2/2020).

Baca juga: Masih Perlu Angkat Wiper Mobil saat Parkir?

Massa aksi  alumni 212 melakukan demonstrasi terkait kasus penindasan etnis Uighur di depan Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) China, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019). Mereka membawa spanduk-spanduk berisi desakan terhadap pemerintah China.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Massa aksi alumni 212 melakukan demonstrasi terkait kasus penindasan etnis Uighur di depan Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) China, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019). Mereka membawa spanduk-spanduk berisi desakan terhadap pemerintah China.

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalin dari Jalan Veteran Raya yang akan ke Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light Harmoni.

2. Arus lalin dari Jalan Martim yang akan menuju Jalan Merut dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalin dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Mersel diluruskan ke Jalan Mertim.

4. Arus lalin dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalin dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalin dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalin dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan dan arus lalin dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalin dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

"Kemudian kita persiapkan pengamanan dari Polres (Jakarta Pusat) dibackup oleh Polda (Metro Jaya) untuk mengawal aksi unjuk rasa ini. Terkait jumlah personel, kita koordinasikan lagi," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com