Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Perlu Angkat Wiper Mobil saat Parkir?

Kompas.com - 21/02/2020, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika musim hujan, wiper menjadi salah satu komponen yang sangat vital menunjang keselamatan berkendara. Fungsinya sederhana, menyapu air pada kaca mobil agar tidak mengganggu jarak pandang.

Oleh sebab itu perawatannya harus selalu diperhatikan, agar tidak bermasalah saat digunakan terutama disaat musim hujan seperti ini.

Salah satu perawatan wiper yang sederhana adalah mengangkat ketika parkir, terutama saat parkir di area terbuka. Upaya ini bertujuan untuk menjaga agar karet wiper tidak terkena panas dari kaca yang terpapar sinar matahari, sehingga rusak.

Baca juga: Wanita Rawan Jadi Korban Penipuan saat Beli Mobil, Simak Tips Amannya

Suparna, selaku Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, mengangkat karet wiper ketika parkir memang memiliki efek pada ketahanan usia karet wiper.

“Ketika wiper menempel pada kaca mobil, akan mengalami double impact dari matahari dan panas kaca mobil. Sehingga kecepatan karet wiper menjadi keras dan tidak elastis akan lebih cepat, dan kemampuan untuk menyeka air dari kaca itu tidak akan maksimal,” ujar Suparna kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (20/02/2020)

Karet Wiper toyotadisamarinda.com Karet Wiper

Baca juga: Kawasaki Binter Merzy Boardtracker, Kecocokan Konsep dan Mesin

Pendapat yang sedikit berbeda justru diungkap oleh Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Toyota Astra Motor (TAM), menurutnya, mengangkat wiper saat parkir adalah merupakan kebiasaan yang cukup merepotkan.

“Terpapar panas pada kaca depan memang bisa menyebabkan karet wiper menjadi kurang elastis, namun kalau selalu diangkat saat parkir kan repot. Baiknya, melakukan penggantian karet wiper, minimal 6 bulan sekali,” ujarnya kepada Kompas.com.

Diangkat atau tidak saat parkir, tidak mempengaruhi anjuran masa pergantian pada wipe. juga pada jarak tempuh. Jadi, demi tetap memiliki visibilitas yang baik ketika berkendara memang sebaiknya dilakukan penggantian rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com