Pengalaman Selamat dari Serangan Jantung Ketika Mengemudi

Kompas.com - 19/02/2020, 07:02 WIB
Mobil-mobil Ford masa depan akan dilengkapi jok khusus pendeteksi serangan jantung. TelegraphMobil-mobil Ford masa depan akan dilengkapi jok khusus pendeteksi serangan jantung.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Serangan jantung bisa terjadi kapan saja di mana saja, kepada siapa saja.  

Masalahnya, kejadian ini juga bisa terjadi kepada seseorang yang tanpa punya riwayat penyakit jantung, contohnya kejadian yang baru saja menimpa suami Bunga Citra Lestari ( BCL).

Meninggalnya Ashraf Sinclair karena serangan jantung cukup mengejutkan banyak pihak, pasalnya Ashraf tidak memiliki gejala atau keluhan penyakit jantung.

Lalu bagaimana jika serangan jantung tiba-tiba muncul ketika sedang mengemudi mobil?

Baca juga: Pengemudi Wanita, Jangan Panik Ketika Mengalami Hal Ini

Ilustrasi Shutterstock Ilustrasi

Pengalaman mencekam ini pernah terjadi ke salah satu kerabat Kompas.com, Vierko Moviarto, seorang pengusaha berdomisili di Jakarta. Ia bercerita mengalami serangan jantung ketika tengah mengemudikan mobil.

“Gejalanya awalnya itu nyeri di bagian dada, sampai ke tulang belakang. Saya mengira itu gejala masuk angin biasa," ujar Vierko kepada Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Sambil tetap mengemudi dan berusaha sekuat tenaga tetap konsentrasi dengan kendali mobil, akhirnya Vierko merasa ada sesuatu yang lebih serius dari sakit di dadanya.

Baca juga: Mobil Ford Masa Depan Bisa Deteksi Serangan Jantung

"Sampai akhirnya mata saya kunang-kunang dan tidak bisa melihat jalan dengan jelas. Saya tetap berusaha mengemudi pelan-pelan, sampai akhirnya tiba di klinik terdekat," kata Vierko.

Ketika sampai di klinik, fisiknya terasa semakin drop dan mendapatkan penjelasan yang mengejutkannya dari dokter, pada waktu itu.

"Ketika sampai di klinik baru terasa kaki dan tangan itu lemas, ternyata dokter bilang terkena gejala serangan jantung,” ujar Vierko.

Ilustrasi serangan jantungstevanovicigor Ilustrasi serangan jantung

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X