Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Ertiga Mau Modifikasi ala XL7, Ini Jawaban Suzuki

Kompas.com - 18/02/2020, 11:22 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski memiliki platform yang kembar, namun secara keseluruhan konsep rancang bangun Suzuki XL7 beda jalur dengan Ertiga.

Karena itu, meski sekilas bak pinang dibelah dua, tapi XL7 tetap mengusung genre SUV murah, sementara Ertiga menjadi MPV murah.

Namun bisakah pemilik Ertiga lawas merombak tampilannya seperti XL7, mengingat ada beberapa kesamaan yang mungkin saja bisa diadopsi. Terutama dari segi visual agar memiliki kesan maskulin seperti XL7.

Menjawab hal ini, Direktur Pemasaran Roda Empat PT SIS Donny Saputra, mengatakan hal tersebut sangat tidak mungkin dilakukan karena ada banyak sektor dan komponen yang beda.

Baca juga: Ini 7 Fakta Baru soal SUV Murah Suzuki XL7

Suzuki Ertiga 2020 dapat sentuhan baru Suzuki Ertiga 2020 dapat sentuhan baru

"Seperti yang saya bilang, ada 200 lebih komponen XL7 yang beda dengan Ertiga, jadi akan sangat sulit sekali untuk diadopsi atau modifikasi. Belum lagi ada risiko yang nanti membuat garansi mobil hangus karena dirombak-rombak," kata Donny kepada Kompas.com, Sabtu (15/2/2020).

Donny menjelaskan pada dasarnya pembangunan XL7 untuk bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV) bukan sekadar merubah tampang dan menaikkan kaki-kaki saja, tapi juga dari beragam sektor. Mulai dari segi kelistrikan, ECU, dan sebagainya dibedakan.

Suzuki Ertiga Concept di GIIAS 2019 Suzuki Ertiga Concept di GIIAS 2019

Bahkan konsumen Ertiga pun tak bisa menggunakan headlamp, bumper, dan gril milik XL7 lantaran ada perbedaan dudukan. Sementara untuk sektor belakang sendiri memang secara tampilan boleh dibilang hampir serupa, hanya bentuk bumper yang berbeda.

"Dudukannya beda, jadi tidak bisa main plug n play saja dari XL7 ke Ertiga. ECU dan BCM sudah di set-up beda juga, meski secara keseluruhan tenaganya sama, tapi driving feel-nya yang pasti beda, XL7 kami rancang sebagai SUV kalau Ertiga MPV," ujar Donny.

Baca juga: Beda Rp 6,5 Juta, Konsumen Ertiga Bisa Geser ke XL7?

Suzuki XL7KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki XL7

Sementara itu, Marketing 4W Product Development & Accessories Manager PT SIS Yulius Purwanto, menjelaskan pemilik Ertiga mungkin masih bisa mengadopsi beberapa komponen dari XL7. Namun demikian tetap tak menjadikan tampang Ertiga seperti XL7.

"Kalau mau adopsi paling mudah itu cuma pelek dan emblem XL7 saja, karena selebihnya beda dengan Ertiga. Mungkin untuk di interior tidak perlu, karena memang layout-nya masih mirip-mirip, cuma fitu saja lebih unggul XL7," kata Yulius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com