Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2020, 12:23 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bersamaan dengan acara peluncuran Suzuki XL7 (15/2/2020), kami berkesempatan mencoba langsung Low SUV baru tersebut. Meskipun area pengetesan terbatas, tetapi setidaknya sudah bisa merasakan impresi awal berkendaranya.

Menggunakan platform Heartect yang serupa dengan Ertiga, secara umum XL7 memang masih menawarkan rasa berkendara yang sama. Setirnya cukup ringan dan mobil terasa mudah untuk diajak bermanuver.

Mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang bertenaga 104 ps dan torsi 138 Nm, terasa cukup responsif di putaran bawah. Begitu juga respons transmisi otomatis 4-percepatan milik XL7 yang cekatan.

Baca juga: Selain Harga Resmi, Ini Biaya Tambahan Bikin dan Perpanjang SIM

Test Drive Suzuki XL7KOMPAS.COM/DIO Test Drive Suzuki XL7

Kebetulan unit tes yang kami coba merupakan varian Alpha bertransmisi matik, perpindahan giginya terasa halus, dan saat memindahkan tuas transmisi juga terasa mudah.

Sementara soal bantingan suspensi, kami menduga ada ubahan pengaturan suspensi pada XL7. Belum lagi profil ban yang berbeda dengan Ertiga, sedikit banyak turut mempengaruhi bantingannya.

Memiliki ground clearance mencapai 200 mm, yang lebih tinggi 20 mm dari Ertiga, harusnya XL7 dibuat lebih keras untuk mengurangi body roll.

Baca juga: Knalpot Mobil Keluar Air, Bahaya atau Justru Normal?

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Namun karena tempat pengetesan yang didominasi aspal, bukan jalan rusak atau bergelombang, kami belum bisa merasakan secara maksimal performa suspensinya.

Walau demikian saat dicoba melewati speed trap, masih cukup nyaman. Mungkin terasa agak keras, tapi tidak begtu signifikan.

Satu perbedaan XL7 dengan Ertiga adalah disematkannya fitur E-Mirror. Kaca spion canggih ini membuat tampilan belakang mobil semakin terlihat jelas, terutama saat digunakan buat parkir.

Begitulah impresi singkat kami menjajal XL7. Secara tampilan mobil ini memang terlihat lebih berkarakter ketimbang Ertiga, namun dengan rasa berkendara yang sama. Dan menurut kami, hal ini sebetulnya berdampak baik pada Low SUV tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com