Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Rp 6,5 Juta, Konsumen Ertiga Bisa Geser ke XL7?

Kompas.com - 17/02/2020, 07:32 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan platform sama dengan Ertiga, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi menghadirkan XL7 di Indonesia. Mobil ini pun didapuk bermain di segmen SUV murah alias low sport utility vehicle (LSUV).

Walau diklaim ada ratusan komponen yang berbeda, tapi dari mata memandang, memang masih kental aura Ertiga pada model terbaru Suzuki ini. Apalagi, bicara mesin dan interior, bak pinang dibelah dua.

Paling menarik dari segi harga yang ditawarkan, terutama pada kedua varian tertinggi antara Ertiga dan XL7.

Ertiga Sport AT dipasarkan Rp 260,5 juta, sedangkan XL7 Alpha AT Rp 267 juta, selisihnya hanya Rp 6,5 juta.

Baca juga: Bedah Perbedaan Tiap Varian Suzuki XL7

Lantas apa dengan selisih harga yang tipis tersebut Suzuki tidak khawatir konsumen Ertiga bakal lari memilih XL7, apalagi sama-sama mengusung konsep tujuh penumpang dan punya fitur yang lebih modern.

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Menjawab hal ini, 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra, mengatakan, pada dasarnya pergeseran bisa saja terjadi, tapi secara karakteristik konsumen Ertiga dan XL7 akan sangat berbeda.

"Seperti yang dibilang, konsumen Ertiga karakteristiknya fungsional dan rasional dan pembeli pertama. Kalau XL7 di segmen SUV, pada umumnya konsumen lebih ke emosional dan fungsional, ada faktor emosi dan biasanya konsumen yang sudah punya mobil atau SUV sebelumnya," ujar Donny di Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

"Mungkin ada konsumen (Ertiga) yang berpaling ke XL7, tapi tidak akan banyaklah, karena tuntutan produknya juga berbeda. Tergantung minat konsumennya seperti apa," kata dia.

Baca juga: Ini Perbedaan Teknis SUV Murah Suzuki XL7 dengan Ertiga

Sementara ketika ditanya soal varian mana yang paling laris, 4W Sales Director Suzuki PT SIS Makmur, mengatakan, berdasarkan data dan pengalaman, varian atas akan menjadi model yang paling diincar konsumen.

Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2019 Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2019

Makmur mengklaim, biasanya konsumen yang melirik segmen SUV bukan lagi konsumen biasanya, artinya dari segi ekonomi menengah ke atas. Karena itu, ada unsur emosional seperti gengsi untuk langsung mengincar model tertinggi.

"Prediksi kami Alpha, setelah itu yang menengah (Beta). Karena bisanya varian tengah jadi opsional konsumen saat menyesuaikan budget. Dari sisi produksi, untuk empat sampai enam bulan awal ini memang kita kencangkan yang Beta dan Alpha, komposisinya sekitar 40:40:20," ujar Makmur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com