Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deteksi Kerusakan Mobil Bisa dari Warna Asap Knalpot

Kompas.com - 18/02/2020, 10:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Mendeteksi kerusakan komponen mobil tidak harus melakukan pemeriksaan pada bagian mesin. Tetapi juga bisa terdeteksi dari warna asap yang keluar dari knalpot.

Pemilik mobil cukup memperhatikan warna asap yang keluar dari knalpot. Apakah warna yang keluar berwarna putih atau hitam.

Berdasarkan warna itulah bisa diketahui kerusakan atau permasalahan yang terjadi pada mobil. Hal ini karena beda warna asap juga beda indikasi atau permasalahan yang terjadi pada mobil.

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, jika mesin mobil dinyalakan dan dari knalpot keluar asap secara terus-menerus berarti ada permasalahan pada mobil.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Biaya Resmi Bikin SIM | AHM Diam-diam Recall PCX pada 2019

“Kalau asap pada pagi hari dan kemudian hilang itu wajar, tetapi kalau asapnya terus keluar itu perlu dilakukan pemeriksaan atau pengecekan di bengkel,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Ilustrasi pengecekan mesin kendaraan.Istimewa Ilustrasi pengecekan mesin kendaraan.

Anjar menambahkan, jika mobil dalam kondisi normal knalpot seharusnya tidak akan mengeluarkan asap secara terus-menerus. Untuk mendeteksi kerusakan bisa dilihat dari warna asap knalpot.

“Jika asap yang keluar berwarna putih itu kemungkinan terjadi itu ada kemungkinan oli ikut terbakar, jadi oli masuk ke ruang bakar,” ucapnya.

Hal ini terjadi karena adanya komponen yang aus, seperti sil-sil yang sudah rusak atau bahkan ring piston yang sudah aus.

Dan untuk mengetahui secara pasti jenis kerusakan, perlu dilakukan pengecekan di bengkel.

Baca juga: Knalpot Mobil Keluar Air, Bahaya atau Justru Normal?

“Jadi bisa dilakukan pengecekan ke bengkel untuk mengetahuinya,” ujarnya.

Sementara, lanjutnya, jika asap yang keluar dari knalpot berwarna hitam itu berarti campuran udara dan bahan bakar terlalu gemuk.

Suasana bengkel resmi Mitsubishi.KTB Suasana bengkel resmi Mitsubishi.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan hal yang sama. Menurutnya, seharusnya asap yang keluar dari knalpot mobil tidak berwarna.

“Kalau asap putih itu berarti ada oli yang ikut terbakar, kalau asapnya berwarna hitam itu bahan bakar yang berlebih terbakar. Idealnya asap yang keluar dari knalpot tidak berwarna,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com