Kata YLKI, Recall Kendaraan Sebaiknya Dilakukan Terbuka

Kompas.com - 18/02/2020, 06:32 WIB
Honda PCX 150 wajah baru, sudah berlampu LED. scooternewsHonda PCX 150 wajah baru, sudah berlampu LED.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) tidak menampik telah melakukan kampanye perbaikan massal atau recall pada tahun lalu terhadap 3.930 unit PCX 150 produksi 26-29 Juni 2019.

Pemilik motor yang bermasalah dipanggil melalui surat undangan. AHM mengatakan tak mengumumkan recall kepada publik, karena sejauh ini pengumuman soal itu ke media massa tidak diwajibkan.

Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, proses itu sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 53 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor.

Recall Daihatsu Gran Max 1.5L dan LuxioKOMPAS.com/Ruly Recall Daihatsu Gran Max 1.5L dan Luxio

Baca juga: Diam-diam, AHM Recall Ribuan Honda PCX pada 2019

"Kami sudah sampaikan ke Kemenhub dan konsumen sesuai dengan aturan yang berlaku, tidak diam-diam. Kami memilih mekanisme yang kami yakini efektif untuk mengundang konsumen tanpa melanggar hukum," kata Muhib kepada Kompas.com, Senin (17/2/2020).

Honda PCX diproduksi di pabrik yang berlokasi di Sunter.Istimewa Honda PCX diproduksi di pabrik yang berlokasi di Sunter.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, recall secara terbuka dengan pengumuman atau tertutup hanya masalah teknis, yang penting ialah hak konsumen.

"Praktiknya di luar negeri recall bisa terbuka dan atau tertutup, yang penting bagaimana hak-hak konsumen dipenuhi. Seperti tidak dikenakan biaya, penggantian kendaraan, onderdil dan lainnya sampai peminjaman kendaraan selama kendaraan dalam proses servis," katanya kepada Kompas.com.

Baca juga: Tidak Hanya PCX 150, Berikut Motor yang Kena Recall Selama 2019

Tulus mengatakan, kalau pengumuman recall dilakukan terbuka tapi jaminan yang diberikan tidak sesuai harapan maka sama saja.

Recall Mitsubishi Triton Exceed produksi 2015 - 2016 Recall Mitsubishi Triton Exceed produksi 2015 - 2016

"Yang penting itu jaminan yang diberikan ketika kendaraan di-recall, sampai batas mana perusahaan itu menjamin kendaraan yang di-recall itu. Di luar negeri juga seperti itu ada yang terbuka dan tertutup karena itu menyangkut reputasi," katanya.

Hanya saja, kata Tulus, idealnya dilakukan pengumuman secara terbuka. Sebab recall yang diumumkan secara terbuka saja tidak menjamin seluruh kendaraan yang bermasalah terjangkau untuk diperbaiki apalagi tertutup.

Petisi recall Honda PCX Petisi recall Honda PCX

"Tapi memang lebih ideal terbuka, agar masyarakat lebih mengerti, tapi kalau soal itu mestinya perusahaan punya alamat, data konsumennya, kerusakaannya apa saat diketahui langsung ditarik," katanya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X