Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Bahaya Meninggalkan Powerbank Dalam Mobil

Kompas.com - 14/02/2020, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini media sosial kembali dikejutkan dengan terbakarnya mobil di Malaysia disebabkan oleh powerbank yang meledak.

Kasus ini kemudian memicu kembali pertanyaan seputar mitos atau fakta bahaya meninggalkan powerbank di dalam mobil?

Anjar Rosjadi selaku Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, pada dasarnya semua perangkat elektronik yang memiliki baterai lithium  memiliki potensi untuk meledak.

Baca juga: Moge Jarang Dipakai, Begini Cara Benar Merawatnya

“Tidak usah berbicara powerbank, baterai ABC yang kecil saja sebenarnya tidak boleh terekspos terhadap panas berlebih,” ujar Anjar kepada Kompas.com, di Jakarta, belum lama ini.

Penggunaan powerbank di dalam mobil, kata Anjar, sebenarnya diperbolehkan dan tidak akan membuat mobil terbakar selama benar dan diperhatikan. Penyebab utama terjadinya powerbank meledak justru disebabkan oleh kecerobohan pengguna mobil itu sendiri.

Beginilah kondisi mobil yang terbakar akibat seorang balita bermain korek api di dalamnya.Mirror Beginilah kondisi mobil yang terbakar akibat seorang balita bermain korek api di dalamnya.

“Jika powerbank diletakan di kabin mobil untuk waktu yang lama, meskipun tidak tercolok, kemudian parkir di tempat yang terik otomatis suhu di dalam mobil juga akan menjadi panas. Kondisi ini yang memicu powerbank meledak,” ujar Anjar.

Baca juga: Honda Tidak Mau Tambah Beban Marc Marquez dengan Urusan 

Menurut Anjar, menaruh powerbank di atas jok mobil atau dasbor tetap berpotensi bisa meledak jika terpapar panas. Di sisi lain, kebakaran besar yang terjadi pada mobil faktor utamanya justru bukan dari powerbank yang meledak.

“Ledakan powerbank sebenarnya hanya menghasilkan pecikan api yang tidak terlalu besar, namun karena banyak komponen mobil yang mudah terbakar maka api cepat tersambar sehingga bisa sampai membakar seluruh mobil”

Anjar berpesan sebaiknya masyarakat lebih teliti memastikan tidak ada barang yang tertinggal ketika akan memarkir mobil. Selain itu, ada baiknya memilih menggunakan powerbank dengan kualitas yang baik, jangan yang terbuat dari baterai murahan sehingga gampang meledak atau memicu percikan api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com