Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa Mobil SUV Semakin Banyak Diminati

Kompas.com - 05/02/2020, 12:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sport Utility Vehicle (SUV) beberapa tahun belakangan ini terus  menjadi tren para konsumen otomotif khususnya di Indonesia.

Beberapa faktor alasannya, adalah sisi kelebihan dan keunggulan SUV, mulai dari fitur, mesin, karakter, sampai fungsinya.

Seperti yang diungkapkan oleh Mohammad Farauk selaku GM Marketing Planning Division PT.TAM, “Trend SUV di Indonesia memang meningkat dari tahun ketahun. Ada beberapa faktor, salah satunya model SUV lebih mewakili image excitement,” ujar Farauk kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (04/02/2020)

Baca juga: Kesalahan Kecil namun Fatal yang Kerap Dilakukan Wanita saat Mengemudi

Farauk sendiri menjelaskan, untuk penjualan SUV Toyota mengalami kenaikan yang cukup signifikan untuk berbagai segmen mobil.

“Kenaikan penjualan SUV, tidak hanya dari segmen mobil dengan harga yang tinggi tetapi di semua segmen. Saat ini penjualan terbesar ada pada Fortuner dan Rush,” ujarnya

Secara fungsional SUV juga lebih siap untuk di berbagai medan, “Mobil SUV itu desainnya lebih tinggi dibanding yang lainnya, maka dari itu lebih siap dan lebih nyaman untuk digunakan di medan-medan tertentu,” ujar Farauk.

All New Toyota Fortuner VRZ 4X4 dan All New Toyota Rush TRD menjajal medan offload di kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY, Rabu (29/5/2019).KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO All New Toyota Fortuner VRZ 4X4 dan All New Toyota Rush TRD menjajal medan offload di kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY, Rabu (29/5/2019).

Baca juga: Alex Marquez Enggan Jadi Tumbal Seperti Jorge Lorenzo

Mengingat fungsi tersebut, mobil berjenis SUV juga digadang memiliki tingkat keamanan yang cukup baik. Dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan dasar dan tambahan untuk menjelajahi medan yang lebih berat.

Beberapa faktor tersebut bisa menjadi alasan mengapa mobil jenis SUV banyak diminati saat ini. Namun Farauk mengatakan keputusan pembeli biasanya berdasarkan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, tertutama bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com