Ini Bahayanya jika Anak Tertinggal di Dalam Mobil

Kompas.com - 04/02/2020, 13:33 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian seorang anak tertinggal di dalam mobil yang terkunci sudah sering terjadi. Tidak hanya di dalam negeri, kelalaian orang tua tersebut juga terjadi di beberapa negara di dunia.

Bahkan yang paling parah, nyawa sang anak tidak tertolong karena sudah terlalu lama berada di kabin mobil.

Kelalaian orang tua tentunya menjadi perhatian saat membawa anak di dalam mobil. Selain memperhatikan sisi keamanan sang anak saat berkendara, orang tua wajib memperhatikan segala hal sebelum meninggalkan mobil.

Jangan sampai setelah memarkirkan mobil orang tua langsung mengunci mobil tanpa memperhatikan kondisi di dalam. Padahal, di dalam mobil tersebut masih ada anak yang mungkin saja tengah tertidur.

Baca juga: Tidur di Mobil Saat Kondisi Parkir Bisa Sebabkan Kematian Mendadak?

Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menyampaikan, jika ada kejadian anak yang terkunci di dalam mobil tentunya sangat berbahaya. Salah satunya karena panas di dalam kabin mobil bisa naik.

Katera (1) tewas setelah tak sengaja tertinggal di dalam mobil ini seharian. (Polisi Metro Nashville via The Tennesean)mobil Katera (1) tewas setelah tak sengaja tertinggal di dalam mobil ini seharian. (Polisi Metro Nashville via The Tennesean)

 

“Anak terkunci di dalam mobil bisa menyebabkan fatalitas bila panas di dalam kabin naik atau kebocoran karbon dioksida terjadi,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/2/2020).

Marcell menambahkan, dalam kondisi tersebut, anak akan dehidrasi dan kehabisan oksigen. Bahkan dalam waktu yang lama, anak bisa meninggal dunia.

“Bisa saja (kekurangan oksigen), karena bila mobil diparkir tanpa menyalakan mesin dan AC, suhu kabin bisa naik signifikan yang dapat menyebabkan kepanasan dan dehidrasi,” ujarnya.

Baca juga: Waspada Bahaya Heatstroke pada Anak di Mobil

Maka dari itu, Marcell pun mengingatkan kepada orang tua atau yang membawa anak kecil di dalam mobil agar selalu memperhatikannya, terutama saat hendak meninggalkan mobil.

Jangan sampai lalai jika membawa anak dan meninggalkannya di dalam mobil. Pasalnya, kelalaian tersebut bisa berakibat fatal hingga berujung kematian.

Ilustrasi kunci mobil tertinggal di dalam car from japan Ilustrasi kunci mobil tertinggal di dalam

 

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, saat mobil terkunci dan kondisi udara panas bisa sangat berbahaya.

“Kalau anak terkunci di dalam mobil dan kondisi udara panas tentunya akan sangat berbahaya, karena udara dalam kabin akan meningkat signifikan,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.