Tidur di Mobil Saat Kondisi Parkir Bisa Sebabkan Kematian Mendadak?

Kompas.com - 04/02/2020, 10:12 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Tidur di dalam mobil saat kondisi sedang parkir sudah menjadi hal biasa yang banyak dilakukan oleh pengemudi atau penumpang. Apalagi ketika melakukan perjalanan jauh, sehingga dilanda rasa lelah dan kantuk berat.

Kabin mobil dianggap menjadi tempat yang tepat untuk sekadar menghilangkan rasa lelah dan kantuk. Pengemudi cukup mencari tempat yang dirasa tepat untuk istirahat atau pun tidur.

Akan tetapi, perilaku tidur di dalam mobil ternyata ada bahaya yang mengintai. Apalagi kondisi mesin dan AC dinyalakan.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, pada dasarnya tidur di dalam mobil memang tidak dilarang. Hanya saja, pengemudi juga tidak boleh sembarangan saat melakukannya.

“Jangan menyalakan mesin di ruangan tertutup, risikonya adalah gas beracun hasil pembakaran bertumpuk dan masuk ke kabin ” kata Didi kepada Kompas.com, Senin (3/2/2020).

Baca juga: Pemudik, Jangan Tidur di Mobil dengan Mesin dan AC Menyala

Dalam kondisi tersebut, pengemudi pun bisa saja lemas karena terlalu banyak menghirup gas beracun tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin orang itu bisa mendadak meninggal dunia.

Ilustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan.Paultan.org Ilustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan juga mengatakan hal yang sama. Sebaiknya pengemudi tidak melakukan tidur di dalam mobil dalam kondisi mesin dan AC menyala.

Apalagi jika lokasi yang digunakan untuk tidur adalah di ruang yang sirkulasi udaranya kurang baik, seperti di basement.

“Yang berbahaya bila di lokasi yang sirkulasi udaranya kurang baik seperti di basement lalu tidur didalam mobil dengan mesin menyala,” katanya.

Baca juga: Ketahui Bahaya Tidur di Mobil dengan Mesin dan AC Menyala

Hal itu menurutnya cukup berbahaya karena bisa menyebabkan terjadi kebocoran karbon dioksida dan bisa masuk ke dalam kabin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.