Ini 10 Moge Sangar Tunggangan Polisi Indonesia

Kompas.com - 03/02/2020, 13:22 WIB
Ilustrasi petugas voorijder. Kompas.com/Kurnia Sari AzizaIlustrasi petugas voorijder.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia ( Polri) menggunakan sederetan sepeda motor besar ( moge) untuk kendaraan dinasnya. Selain mereknya yang beragam, modelnya pun juga bervariatif.

Aiptu Bambang Margono, Instruktur Safety Riding & Safety Drigin Ditlantas Polda Metro Jaya, mengatakan, untuk saat ini ada beberapa moge yang dipilih Polri. Berikut ini daftar moge yang digunakan Polri:

XJ900p Yamaha khusus kepolisianbennythegreat.wordpress XJ900p Yamaha khusus kepolisian

1. Yamaha Diversion XJ900P

Moge yang satu ini paling sering terlihat di jalanan. Menggendong mesin berkubikasi 892 cc, empat silinder segaris, XJ900P mampu menghasilkan tenaga hingga 89 tk dan torsi maksimal 83 Nm.

Motor ini mungkin bisa dibilang yang paling tua, karena sistem pembakarannya masih menggunakan karburator. Huruf P dalam XJ900P adalah Police, yang berarti motor ini diciptakan memang untuk memenuhi kebutuhan polisi.

Yamaha FJR 1300ES, model sport touring Yamaha. Disinyalir FJ-09 akan menjadi adiknya dengan mesin 3 silinder.totalmotorcycle Yamaha FJR 1300ES, model sport touring Yamaha. Disinyalir FJ-09 akan menjadi adiknya dengan mesin 3 silinder.

2. Yamaha FJR 1300

Masih dari keluarga Yamaha, Polri juga mengandalkan FJR 1300. Dengan konfigurasi mesin empat silinder dan enam percepatan, kapasitasnya mencapai 1.298 cc.

Tenaga yang dihasilkan tembus 140 tk pada 8.000 rpm. Berbeda dengan XJ900P, moge yang satu ini sudah menggunakan teknologi injeksi.

Harley-Davidson harus me-recall 45.000 unit kendaraan karena masalah kopling.Harley-Davidson Harley-Davidson harus me-recall 45.000 unit kendaraan karena masalah kopling.

3. Harley-Davidson Electra Glide Ultra Classic
Electra Glide Ultra Classic dibekali dengan mesin jenis Milwaukee-Eight V-Twin dengan kapasitas mencapai 1.746 cc. Tenaga dan torsi yang dihasilkan sudah pasti lebih dari cukup untuk mengakomodasi kebutuhan Polri saat bertugas.

Bambang mengatakan, Polri juga menggunakan Electra Glide dengan mesin 1.300 cc.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X