Bukan Tempat Gembok, Ini Fungsi Lubang pada Piringan Cakram

Kompas.com - 02/02/2020, 08:32 WIB
Lubang pada piringan cakram sepeda motor Stanly-Kompas.comLubang pada piringan cakram sepeda motor
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi alasan keamanan, kebanyakan pemilik sepeda motor memasang proteksi tambahan yang berguna untuk lebih melindungi kendaraan agar tak mudah dicuri.

Cara yang dilakukan beragam, ada yang memasang alarm, memberikan kunci pengaman tambahan, sampai yang paling mudah dan sering ditemui menyematkan gembok pada lubang piringan cakram ( disc brake).

Namun, apakah benar lubang pada piringan cakram tersebut disediakan sebagai lokasi untuk menyematkan gembok pengaman? Atau memang ada alasan tersendiri kenapa pada piringan cakram terdapat lubang-lubang tersebut.

Baca juga: Kunci Pengaman Model Apa yang Efektif Agar Motor Tidak Dicuri?

Menjawab hal ini, Kepala Main Dealer Training Center (MDTC) Wahana Venuh Adha, menjelaskan bila keberadaan lubang pada cakram bukan disediakan untuk menempatkan gembok atau kunci pengaman lainnya.

Ilustrasi pengaman pada rem cakram Ilustrasi pengaman pada rem cakram

" Lubang-lubang tersebut memiliki fungsi untuk melepaskan energi panas dari sistem pengereman akibat adanya gesekan dari kampas dan piringan ketika mengerem. Bukan sengaja dibuat sebagai lubang gembok atau hiasan saja," kata Venus kepada Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Selain untuk melepas panas, biasanya antara jenis motor satu dengan yang lain memiliki perbedaan dari banyaknya lubang pada piringan cakram. Hal ini lantaran untuk mengimbangi besaran dari tenaga yang diproduksi mesin dan kebutuhan daya remnya.

Baca juga: Begini Langkah Buang Angin Palsu di Rem Cakram

Tak hanya itu, Venus juga menjelaskan bila kebiasan memasang gembok pada cakram sebenarnya tidak disarankan. Apalagi untuk motor yang sudah mengadopsi sistem pengereman anti-lock breaking system ( ABS), mengingat pada rangakaian cakram juga terdapar pulser ring.

Piringan CakramStanly/Otomania Piringan Cakram

Ketika pengendara lupa membuka gempok tersebut dan motor sudah bergerak, akan berpotensi merubah dudukan pulser ring yang berdampak cukup fatal bagi sistem ABS.

"Bila sampai kejadian, hal itu akan mengakibatkan perubahan dudukan pulser ring yang berpengaruh terhadap pembacaan sensor ABS. Jadi memang pirantinya sensitif sekali, sebaiknya tidak memasang gembok atau perangkat pengunci lainnya pada piringan cakram," ujar Venus.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X