Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Efektif Kunci Pengaman Magnetis pada Motor?

Kompas.com - 01/02/2020, 13:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir setiap sepeda motor modern yang diproduksi sekarang ini sudah dibekali kunci kontak berpengaman dengan penutup magnetis. Beberapa produsen ada menyebutnya dengan Secure Key Shutter atau Magnetic Key Shutter.

Kunci kontak yang sudah menggunakan pengaman ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi resiko motor hilang dicuri oleh maling. Sebab, maling jadi harus memakan waktu lebih banyak untuk membuka kunci kontak.

Baca juga: Pengaman Motor Jadul yang Cukup Efektif Tangkis Maling

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan, mengatakan, kunci kontak tersebut sangat bagus kegunaannya. Sebab, pengaman tersebut memang agak sedikit sulit dan menghambat jika akan dibobol maling.

Salah satu pelaku curanmor saat memperagakan cara membobol kunci motor dengan leter YKOMPAS.com/wijaya kusuma Salah satu pelaku curanmor saat memperagakan cara membobol kunci motor dengan leter Y

"Sebaiknya, untuk semakin mengurangi resiko motor hilang dicuri maling, arahkan setang ke kanan saat akan menguncinya. Dengan posisi seperti itu, akan semakin membatasi ruang gerak di saat maling ingin merusak kunci kontak," ujar Asep, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS DAM, juga mengatakan hal yang senada. Namun, meskipun cukup efektif, bukan berarti tidak bisa dibobol.

Baca juga: Ragam Kunci Pengaman Tambahan yang Dibenci Maling Motor

"Pada kasus pencurian yang ekstrem, masih bisa dibobol dengan cara dipukul paksa," kata Wahyudin.

Idealnya, memang tidak bisa hanya mengandalkan kunci kontak berpenutup magnetis tersebut. Sebaiknya, tetap gunakan kunci pengaman tambahan untuk semakin menyulitkan maling dalam melakukan pencurian motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com