Mitos atau Fakta, Ketok Magic Pakai Ilmu Gaib?

Kompas.com - 29/01/2020, 16:42 WIB
bengkel ketok magic Kompas.com/Fathan Radityasanibengkel ketok magic

JAKARTA, KOMPAS.com – Bodi mobil setelah kecelakaan atau tabrakan, akan mengalami kerusakan. Kerusakan pada bodi pun beragam, ada yang penyok halus, penyok berat, bahkan bemper sobek. Salah satu cara untuk memperbaiki bodi tersebut menjadi mulus lagi yaitu dengan ketok magic.

Mitos yang dimiliki oleh masyarakat awam yaitu pengerjaan ketok magic yang menggunakan kekuatan lain, bukan kemampuan dari manusia.

Hal tersebut dikarenakan pengerjaan bodi yang cepat dan pemilik kendaraan yang tidak boleh melihat proses dari ketok magic itu sendiri.

Menurut Supri, pemilik dari bengkel ketok magic Pak Haji Supri yang berada di Kalibata, Jakarta Timur, pengerjaan ketok magic oleh pegawainya adalah murni kemampuan dari sesorang, tidak menggunakan hal-hal yang gaib.

Baca juga: Rahasia Perbaiki Bodi Mobil Penyok Tanpa Cat Ulang

proses ketok magicKompas.com/Fathan Radityasani proses ketok magic

“Pengerjaan bodi di ketok magic murni kemampuan dari tukangnya. Enggak ada itu pakai ilmu-ilmu hitam. Kemampuan tukangnya saja kalau pengalaman lima tahun juga belum dihitung ahli, jadi ya semuanya skill dari tukangnya,” ucap Supri kepada Kompas.com, Rabu (29/1/2020).

Untuk pengerjaan yang ditutup-tutupi dari pemilik kendaraan memang pernah dilakukan, namun sekarang pemilik boleh melihat langsung pengerjaan yang dilakukan oleh bengkel ketok magic.

“Dulu memang pernah pemilik mobil enggak boleh lihat pengerjaannya, itu juga karena menjaga rahasia bengkel agar tidak ditiru oleh pesaing. Kalau sekarang boleh saja dilihat oleh pemilik, bahkan di foto juga tidak masalah,” kata Supri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X