Ioniq Jadi Mobil Listrik Termurah, Begini Komentar Hyundai

Kompas.com - 26/01/2020, 17:01 WIB
PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan Grab Indonesia meluncurkan 20 mobil listrik Hyundai Ioniq di Indonesia, Jakarta, Jumat (13/12/2019) PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan Grab Indonesia meluncurkan 20 mobil listrik Hyundai Ioniq di Indonesia, Jakarta, Jumat (13/12/2019)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) resmi merilis mobil listrik Ioniq di Tanah Air. Menariknya, Ioniq dipasarkan dengan harga off the road sebesar Rp 569 juta.

Bila dibandingkan dengan deretan mobil listrik murni yang sudah dipasarkan lebih dulu di Indonesia, seperti BMW i3S ataupun Tesla, banderol Ioniq menjadi yang termurah. Bahkan disandingkan dengan mobil PHEV pun, Ioniq masih lebih murah.

Menanggapi hal ini, Deputy Marketing Director PT HMI Hendrik Wiradjaja, menjelaskan bila kisaran harga bukan menjadi patokan utama Hyundai untuk meluncurkan Ioniq di Tanah Air.

"Intinya bukan dari harga, tapi lebih menyoal ke edukasinya lebih dulu. Jadi tujuan utamanya kami ingin masyarakat bisa mengenal dulu mengenai teknologi yang kami tawarkan di mobil listrik ini," kata Hendrik saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Baca juga: Bebas Pajak, Hyundai Belum Pastikan Harga OTR Mobil Listrik Ioniq di Jakarta

Lebih lanjut Hendrik menjelaskan bila langsung menyasar ke sisi penjualannya, akan sangat kompleks mengingat infrastruktur saat ini juga masih berjalan.

Lantaran hal itu, HMI akan menggunakan momen dipasarkannya Ioniq dari segi edukasi ke konsumen Indonesia.

Hyundai Ioniq dijual lebih murah di Eropa, namun dengan kemampuan yang lebih baik ketimbang Toyota Prius.auto express Hyundai Ioniq dijual lebih murah di Eropa, namun dengan kemampuan yang lebih baik ketimbang Toyota Prius.

Saat ditanya soal kisaran harga on the road-nya, Hendrik juga masih enggan untuk membeberkan lebih lanjut. Padahal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menerbitkan Pergub soal insentif khusus kendaraan listrik murni berupa pembebasan pajak Bea Balik Nama Kendaran Bermotor ( BBN-KB).

Namun demikian dia tidak menampik bila memang sudah ada beberapa konsumen yang tertarik untuk meminang Ioniq sejak beberapa media mulai mengulas harga off the road-nya.

Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Mobil Listrik Hyundai Ioniq Dijual Rp 569 Juta

"Yang tertarik sudah ada, kalau konsumen mau pesan indennya sekitar tiga bulanan. Untuk on the road, meski sudah ada insentif tapi itu baru dari BBN-KB saja, hitungan teknis dari yang saya tahu masih ada biaya untuk administrasi dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), tapi fix-nya belum ada informasi soal itu," ucap Hendrik.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X