Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Suzuki XL7 dengan Ertiga Lawas Secara Tampilan dan Fitur

Kompas.com - 23/01/2020, 17:32 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diprediksi akan meluncurkan varian terbaru dari Ertiga, yaitu XL7. Model tertinggi ini sebetulnya memiliki kemiripan dengan Suzuki XL6 yang hadir lebih dulu di India.

Dari bocoran foto yang banyak beredar, XL7 memiliki desain gril, lampu utama, foglamp, bemper, kap mesin, yang jelas berbeda dengan Ertiga.

Tambahan over fender yang diberi warna hitam, serta disematkannya roof rail mempertegas kesan tangguh pada XL7. Sementara Ertiga cenderung lebih minimalis dan berkesan elegan.

Baca juga: 3 Motor Bekas yang Tidak Dilirik Pembeli

Suzuki Ertiga 2020 dapat sentuhan baru Suzuki Ertiga 2020 dapat sentuhan baru

Kabarnya XL7 sudah mengusung lampu utama dengan lampu LED yang dikombinasikan dengan DRL. Hal ini jelas berbeda dengan Ertiga yang menggunakan jenis proyektor dengan lampu halogen.

Beralih ke bagian belakang, lampu belakang Ertiga sudah menyematkan model LED bar yang memanjang dari atas ke bawah, tapi hanya untuk tipe GX. Sedangkan tipe GL ke bawah masih menggunakan lampu halogen.

Sementara lampu belakang XL7, menurut sumber Kompas.com sudah menggunakan lampu LED, baik itu varian Zeta, Beta, dan Alpha.

Baca juga: Pasang Kaca Film Ada Aturannya, Jangan Asal Gelap

Bocoran Suzuki Ertiga XL7Istimewa Bocoran Suzuki Ertiga XL7

Untuk bagian kaki-kaki, XL7 bakal mengusung pelek lebih besar dengan ban berprofil 195/60 R16. Untuk diketahui, Ertiga mengusung ban ukuran 185/65 R15.

Di balik kap mesin, kedua mobil kemungkinan besar masih mengusung dapur pacu serupa yakni mesin K15B berkapasitas 1.462 cc bertenaga 104 ps dan torsi 138 Nm.

Sementara pilihan transmisinya juga sama, manual 5 percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Bicara soal fitur, Ertiga tipe teratas sudah memiliki Dual SRS Airbag, Reverse Parking Sensor, serta rem dengan ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-Force Distribution). Sedangkan XL7 diprediksi juga akan mengusung fitur keamanan serupa.

Baca juga: Daftar Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang 2019

Tampak bagian belakang Suzuki Ertiga XL7Istimewa Tampak bagian belakang Suzuki Ertiga XL7

Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS, mengatakan jika XL7 akan memperluas jangkauan pasar Suzuki di Indonesia.

“Sebab segmennya itu beda dengan Ertiga, karena (XL7) termasuk LSUV. Artinya, akan ada konsumen baru,” ujarnya kepada Kompas.com (22/1/2020).

“Tapi bila ditanya apakah ada kanibalisme, itu bisa saja terjadi karena kalau dilihat antara pasar LSUV dan LMPV, selisih harganya tak terlalu jauh,” kata Harold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com