Cerita 20 Tahun Eksistensi Honda CR-V di Indonesia

Kompas.com - 23/01/2020, 08:42 WIB
Honda CR-V dari generasi ke generasi di Indonesia Honda CR-V dari generasi ke generasi di Indonesia
Penulis Stanly Ravel
|

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejak pertama kali meluncur di Indonesia hingga saat ini, usia Honda CR-V sudah menginjak 20 tahun. Dari generasi pertama hingga generasi kelima, PT Honda Prospect Motor ( HPM) mengklaim penjualannya telah mencapai 213.241 unit.

Dengan pencapaian yang didapat dari data akhir 2019 tersebut, Honda mengklaim CR-V sebagai model sport utility vehicle ( SUV) dengan periode penjualan paling panjang dan angka penjualan total paling tinggi di Indonesia.

Lantas bagaimana kisah perjalanan CR-V di Indonesia. Menceritakan hal tersebut, Bussines Innovation & Sales Marketing Director HPM Yusak Billy, mengatakan, bila CR-V merupakan medium SUV pertama yang masuk Indonesia sekaligus menciptakan tren.

Baca juga: 20 Tahun di Indonesia, Populasi Honda CR-V Lebih dari 200.000 Unit

"Kita SUV pertama di Indonesia, jadi kita yakin sekali SUV CR-V bakal eksis karena kita pionir. Generasi pertama waktu itu saya kerja di factory dan saya project leader-nya," ucap Yusak saat berbincang kepada media di Ciwidey, Jawa Barat, Rabu (22/1/2020).

Lebih lanjut Yusak menjelaskan generasi pertama CR-V yang dipasarkan di Indonesia cukup melegenda lantaran memiliki spesifikasi yang berbeda dari negara lain. Mulai dari posisi lampu belakang sampai kapasitas tempat duduknya.

Honda CR-V generasi pertama Honda CR-V generasi pertama

Ubahan tersebut dilakukan untuk mengikuti regulasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ketika Honda akan meluncurkan CR-V untuk pertama kalinya di Tanah Air.

"Generasi pertama itu legend, karena CR-V pertama yang tujuh penumpang itu cuma ada di Indonesia, karena tax-nya lebih murah. Lalu tinggi posisi lampu belakang juga beda, karena ada di bawah dan harus menyala, kalau yang lain itu hanya reflektor," kata Yusak.

Baca juga: Berburu Diskon SUV Murah di Akhir Tahun

CR-V generasi pertama diperkenalkan di Indonesia sebagai sebuah SUV "Cross Country" dengan satu pilihan mesin, yakni 2.000 cc. Sementara untuk sistem transmisinya tersedia dalam pilihan manual dan matik yang memiliki tuas perseneling dibagian atas.

Kesuksesan generasi perdana CR-V dilanjutkan dengan model terbarunya pada 2002, alias Gen 2. Walau masih memiliki bentuk kotak, tapi secara dimensinya lebih panjang sehingga memiliki tingkat kelapangan yang lebih baik.

Generasi ketiga CR-V meluncur pada 2007 dengan tampilan yang sudah berubah total, desainya lebih oval bahkan sering disebut sebagai CR-V "kura-kura".

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X