Geber Honda CR-V di Tol Layang Jakarta Cikampek

Kompas.com - 19/12/2019, 18:42 WIB
Honda CR-V saat menjajal jalan tol layang Jakarta-Cikampek HPMHonda CR-V saat menjajal jalan tol layang Jakarta-Cikampek
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa hari usai diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Tol Layang Jakarta-Cikampek (elevated) II sepanjang 36,4 km sudah bisa dilewati. Jalan layang terpanjang di Indonesia ini langsung kami jajal menggunakan Honda CR-V.

Honda CR-V memang bukan kendaraan terbaru yang dipasarkan di Indonesia. Namun SUV yang diperkenalkan pada 2017 ini jadi model paling cocok untuk dipakai melintasi jalan tol yang disebut bergelombang itu.

Di balik kap mesin, CR-V dibekali unit 1.500 cc VTEC Turbo bertenaga 190 ps dan torsi 248 Nm. Untuk mendukung performanya, SUV ini menggunakan suspensi MacPherson Strut di depan dan Multilink di belakang yang dapat menjaga kestabilan saat melaju di kecepatan tinggi.

Baca juga: Tips Aman Lewat Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek [VIDEO]

Honda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-VHPM Honda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-V

Bicara soal tol layang Jakarta-Cikampek, saat kami coba pada Kamis (19/12/2019), jalan ini memang didominasi aspal bumpy dengan sambungan jalan yang belum sempurna.

Bagian Expansion joint terlihat lebih rendah dibanding lapisan aspal. Hal ini membuat mobil selalu berguncang setiap melewati sambungan jalan.

Untungnya suspensi CR-V masih sanggup meredam guncangan tersebut, khususnya saat melaju pada kecepatan 80 kpj yang menjadi batas kecepatan maksimal di tol layang Japek.

Baca juga: Meski Bergelombang, Tol Layang Jakarta-Cikampek Diklaim Ramai Lancar

Honda CR-V saat menjajal Jalan tol layang Jakarta-CikampekHPM Honda CR-V saat menjajal Jalan tol layang Jakarta-Cikampek

Namun jika kita menambah kecepatan sampai 90 km/jam, mobil memang masih anteng. Walau demikian guncangan akan semakin terasa di dalam kabin, dan makin kurang nyaman bagi penumpang belakang.

Yulian Karfili, Public Relation & Digital Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan jika tol layang Jakarta-Cikampek jadi tempat cocok untuk menguji performa CR-V.

“Kami pikir ini kesempatan untuk mencoba CR-V. Karena mobil ini basisnya SUV, tapi SUV untuk perkotaaan dengan kontur jalan beragam. Tol baru ini jadi tempat yang bagus untuk mengeksplorasi kenyamanan CR-V,” ujarnya (19/12/2019).

Baca juga: Batas Maksimal Tinggi Mobil yang Boleh Melintas Jalan Tol Layang Japek

Rombongan Honda CR-V melakukan start di kantor pusat HPM sebelum menuju jalan tol layang Jakarta-Cikampek.HPM Rombongan Honda CR-V melakukan start di kantor pusat HPM sebelum menuju jalan tol layang Jakarta-Cikampek.

Untuk diketahui, CR-V yang kami kendarai berangkat dari kawasan Sunter sekitar pukul 10.15 WIB. Memasuki Tol Wiyoto Wiyono lewat gerbang tol Tanjung Priok, rombongan langsung dihadang kemacetan. Sekitar 45 menit perjalanan, kami tiba di pintu masuk jalan tol layang Japek di kawasan Cikunir.

Perjalanan melewati tol baru itu memang memangkas waktu. Tercatat kami menghabiskan 27 menit di jalan layang sepanjang 36,4 km itu, dari Cikunir hingga Karawang Timur. Kemudian keluar gerbang tol Kalihurip di kawasan Cikampek sekitar pukul 11.30 WIB.

Dibanding jika melewati tol Jakarta-Cikampek existing yang bisa menghabiskan waktu 2 jam hingga 3 jam, melewati tol layang bisa menghemat hingga separuhnya.

Sementara jika berbicara tarif tol, sampai saat ini tol layang Japek masih gratis. Pengguna akan dikenakan tarif sama seperti melewati tol Japek existing. Total biaya yang kami butuhkan dari gerbang tol Tanjung Priok hingga Kalihurip sebesar Rp 24.500.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X